40 Pelari Ultra Marathon Siap Tempuh Rute Jakarta-Bandung Sejauh 170 Kilometer

Kamis, 5 Oktober 2017 21:34 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Agus Dwi Witono
© Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
BNI-ITB Ultra Marathon. Copyright: © Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
BNI-ITB Ultra Marathon.

Jarak 170 kilometer yang terbentang dari Jakarta menuju Bandung akan dijadikan sebuah event lari yang bertajuk BNI-ITB Ultra Marathon. Perhelatan itu digelar untuk menyambut ulang tahun Institut Teknologi Bandung (ITB) yang ke-100 dan memperingati 75 tahun pendidikan Teknik Mesin di ITB.

Event tersebut dimaksud untuk menggalang kepedulian dan rasa memiliki alumni ITB pada pada almamaternya. Bersama dengan itu, ITB juga menggandeng BNI untuk menerapkan layanan-layanan perbankan unggulan dalam menghimpun dana bakti kepedulian alumni ITB.

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengungkapkan, dukungan BNI pada perhelatan ini merupakan salah satu bentuk keberpihakan korporasi terhadap dunia pendidikan. Termasuk, terhadap perkembangan dunia pendidikan di ITB. 

“BNI dengan ITB telah lama bahu membahu meningkatkan dunia pendidikan di tanah air. BNI sendiri telah dikenal sebagai bank kampus yang memang menjadi bank yang terdepan dalam memberikan layanan perbankan di universitas. Kali ini, salah satu terobosan yang tengah dimatangkan oleh BNI dengan ITB adalah dalam hal pengelolaan Dana Abadi ITB,” ujar Kiryanto.

Lomba lari Ultra Marathon ini bakal berlangsung pada 13-15 Oktober mendatang. Para pelari akan memulai start di Kantor Pusat BNI di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, menuju Kampus ITB di Jalan Ganesha, Bandung, sejauh 170 kilometer.

Ajang ini digelar dengan beberapa kelas lomba. Yaitu kelas utama dengan kategori Solo 170K untuk Putra dan Putri, Kategori Relay 2 x 85K Campuran, serta Kategori Relay 4 x 42.5K Campuran. 

Selain itu ada pula kelas Festival, yang terbagi menjadi kategori Relay 8 x 21K dan Relay 16 x 10,7K. Sedangkan kelas Fun Run 5K diadakan untuk menyambut kedatangan para pelari Ultra Marathon. Para peserta kelas Festival dan Fun akan mengambil posisi start dari Kantor PLN Distribusi Jawa Barat di Jalan Asia menuju Kampus ITB, Jalan Ganesha 10, Bandung. 

© Muhammad Adi Yaksa/Indosport.com
BNI-ITB Ultra Marathon Copyright: Muhammad Adi Yaksa/Indosport.comBNI-ITB Ultra Marathon

Kegiatan lomba dan festival yang pendaftarannya sudah dibuka pada awal September 2017 ini ternyata mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat. Baik dari kalangan umum maupun dari kalangan alumni ITB. 

Untuk kategori Solo 170K misalnya, saat ini statusnya sudah over subscribed karena 40 orang pelari Ultra Marathon sudah dipastikan terdaftar sebagai peserta. Kemudian ada beberapa pelari yang masih masuk dalam daftar tunggu.

Lomba lari ini mengambil jalan umum dari Jakarta menuju Bandung melewati jalur Puncak-Bogor. Menurut penyelenggara, jalur tersebut ideal untuk dilewati oleh para pelari.