Tjanting Run 2017, Berlari Sambil Mengampanyekan Warisan Dunia

Senin, 17 Juli 2017 23:20 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yohanes Ishak
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Tjanting Run 2017. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Tjanting Run 2017.

Komunitas pecinta Batik yang tergabung dalang Tjanting Batik Nusantara kembali menunjukkan rasa cintanya kepada budaya asli indonesia. Kini mereka kembali menggelar lomba lari Tjanting Run 2017.

Tjanting Run 2017 sendiri merupakan rangkaian acara dari Tjanting Funday. Senada dengan even tahun sebelumnya, perhelatan tahun ini kembali ingin meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda akan warisan budaya asli Indonesia yang telah diakui dunia, Batik.

Baca Juga:

Hal ini seperti diutarakan oleh Ketua Panitia Tjanting Funday, Erna Laksmana yang ingin mengkampanyekan warisan asli Indonesia dengan lari. Dia pun memiliki alasan tersendiri kenapa olahraga yang dia pilih untuk menjadi wadah kampanye Batik Indonesia.

"Kenapa lari yang dipilih karena saat ini diakui lari sudah merupakan kegiatan olahraga yang digemari dan sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat kita," ucap Erna saat ditemui di Jakarta, Senin, (17/07/17).

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Tjanting Run 2017. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTPara panitia Tjanting Run 2017.

"Kami berharap melalui komunitas lari kejayaan batik indonesia dapat menjadi primadona di dunia. Untuk itu supaya batik indonesia dapat diletarikan bersama agar tetap berjaya," harap dia.

Keberlansungan Tjunting Run 2017 ini tak lepas dari tingginya animo peserta pada tahun lalu. Sehingga membuat panitia sangat optimis kembali menggelar event serupa di tahun ini.

"Tahun lalu acara ini mendapat sambutan meriah dari para pelari dan kalangan masyarakat lainnya. Atas dasar ini membuat kami optimis untuk kembali menggelarnya di tahun ini," beber Erna.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Tjanting Run 2017. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTTjanting Run 2017.

Tjanting Run 2017 sendiri akan berlangsung pada 24 September 2017, atau sepekan sebelum jatuhnya hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

Sebanyak dua kategori yakni 5 K dan 10 K akan dipertandingkan dalam lomba lari yang berlangsung di Alam Sutera, Tangerang. Untuk memeriahkan hari Batik Nasional, pantia pun sudah menyiapkan jersey lari bermotif batik. Selain itu pemenang akan mendapat medali dengan layer batik tulis.

"Ini menjadi perhatian kami untuk mengakomodir fasilitas pelari. Nantinya pantia menyediakan jersey lari dengan motif batik," tambah Safrita Aryana selaku race director, Tjanting Run 2017.