Beda Manfaat Berlari di Pagi, Sore, atau Malam Hari

Selasa, 18 Desember 2018 16:15 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© 99.co
Ilustrasi Jogging. Copyright: © 99.co
Ilustrasi Jogging.

INDOSPORT.COM – Pernah bertanya-tanya apakah ada perbedaan dalam melakukan olahraga lari di pagi atau siang hari dibandingkan kala malam hari?

Apakah anda punya waktu favorit untuk jogging? Apakah itu pagi, siang, atau malam? Ternyata waktu untuk berlalu memiliki kelebihan masing-masing, dikutip dari laman berita olahraga UBC.

Jika berlari di pagi hari adalah bagian dari rutinitas anda, makan kegiatan tersebut bisa memperkuat mental, lebih focus dan siap untuk menjalani hari. Bangun lebih awal saat matahari terbit juga bisa membuat kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

© internet
Caption Copyright: internetIlustrasi orang sedang melakukan jogging.

Lari kala sore hari dianggap waktu yang paling menguntungkan untuk melatih pernafasan karena paru-paru beroperasi enam persen lebih baik di waktu ini.

Pasalnya matahari berada di puncak tertinggi, membuat otot-otot akan menjadi yang rileks. Sudah bergerak sepanjang pagi akan membuat lari anda lebih mudah, ringan dan cepat.

Setelah seharian beraktivitas, berlari di malam hari dapat membantu anda mengorganisir stres dan mengatasi masalah dengan cara yang positif. Suhu tubuh masih tinggi pada titik ini, yang merupakan tanda untuk peningkatan kekuatan dan waktu reaksi.

Perasaan bergerak anda meningkat, yang memungkinkan tubuh menjadi lebih reaktif. Hormon yang bertanggung jawab untuk metabolisme energi, kortisol dan tirotropin, adalah yang tertinggi pada malam hari, yang pasti berguna selama anda berlari.

Memilih waktu untuk berolahraga terutama aktivitas berlari bisa disesuaikan dengan kegiatan anda. Tidak peduli kapan waktu anda berlari, karena semua waktu masing memiliki manfaat positif. Apakah anda telah menentukan jadwal lari Anda?

Terus Ikuti Tips and Trik dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%