Takut Berkendara dengan Motor Kesayangan di Musim Hujan? Ini 3 Solusinya

Kamis, 13 Desember 2018 17:00 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pengendara motor sepertinya tidak bisa meremehkan cuaca di Indonesia pada penghujung tahun 2018 ini.

Seperti yang kita ketahui, memasuki penghujung tahun 2018, cuaca khususnya di Indonesia telah memasuki musim penghujan.

Itu artinya, para pengendara motor akan memiliki masalah baru bagi tunggangan besi kesayangan mereka.

Selain genangan air yang dapat membahayakan pengendara, tetesan serta cipratan air hujan yang mengandung oksigen dapat membuat beberapa komponen pada sepeda motor menjadi berkarat seperti mur,baut, dan rantai sepeda motor.

Jika di biarkan terlalu lama, lapisan karat pada komponen tersebut dapat menjadi pengeroposan dan membuat sepeda motor menjadi tidak nyaman di gunakan.

Untuk memperbaikinya pun akan memakan biaya yang banyak karena harus mengganti komponen yang sudah berkarat dan mengeropos. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada sepeda motor Anda.

Oleh karenanya, berikut ini beberapa tips dari INDOSPORT kepada Anda untuk dapat meminimalisasi karat pada sepeda motor ketika musim hujan datang.

1. Cuci Motor setelah Terkena Air Hujan 

Cara ini dapat membersihkan komponen sepeda motor dari kotoran dan air hujan selama perjalanan. Bersihkan secara merata dari bagian badan motor hingga mesin motor.

Jangan lupa untuk membersihkan komponen dalam motor secara detail hingga ke sela-sela tersempit untuk menjaga usia mesin motor.

2. Keringkan Sepeda Motor

Setelah di cuci bersih maka keringkan sepeda motor sampai tidak ada air yang tersisa. Hal ini bertujuan agar tidak ada air yang menempel pada komponen sepeda motor dan menimbulkan karat.

3. Lapisi Komponen Sepeda Motor dengan Cairan Khusus

Untuk komponen sepeda motor yang mudah terkena karat seperti mur, baut, gear dan rantai sepeda motor bisa di lapisi dengan cairan khusus yang dapat melapisi dan melindungi dari karat.

Proses pelapisan ini bisa di lakukan setiap kalo motor di cuci agar selalu terjaga dan tidak harus membeli komponen yang baru ketika sudah berkarat. Jadi lebih hemat uang.

© Yamaha
Yamalube Multipurpose Copyright: Yamaha
Yamalube Multipurpose

Untuk menjaga komponen sepeda motor tetap awet dan terhindar dari karat, kamu bisa memilih cairan khusus yang sudah terjamin kualitasnya seperti Yamalube Multipurpose.

Selain dapat melapisi dan melindungi dari karat, cairan ini dapat digunakan untuk melumasi komponen yang sulit di buka seperti mur dan baut, engkol mesin, step (pijakan kaki) yang macet.

Penggunaan produk ini pun bisa juga untuk kegiatan sehari-hari seperti engsel pintu yang macet dan berbunyi.

Produk ini merupakan salah satu produk perawatan sepeda motor dari Yamaha selain Yamalube Brake and Parts Claner (cairan pembersih gemuk dan oli) serta Yamalube Chain Lube (cairan pelindung rantai) dan dapat di beli di dealer resmi Yamaha.

Info selengkapnya tentang produk jagoan ini bisa dicek di sini.

1