Pontianak City Run 2019: Ketika Lari Jadi Pengenalan Budaya Kota Khatulistiwa

Kamis, 31 Januari 2019 12:31 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Indonesia merupakan salah satu negara yang menyimpan banyak keunikan, termasuk dari segi letak geografis.

Ya, negara yang memproklamasikan kemerdakaannya pada 17 Agustus 1945 silam ini merupakan salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Dari sekian banyak kota di Indonesia, yang dilewati garis tersebut, Pontianak menjadi salah satunya.

Nah, dalam waktu dekat ini, kota yang berada di Pulau Kalimantan tersebut akan mengadakan sebuah perhelatan lari. Bertajuk Pointiana City Run, kegiatan tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 16 Februari 2019 mendatang.

Merah Putih Digital Event Organizer sendiri menggelar acara ini selain untuk mengenalkan budaya Pontianak, tetapi juga untuk memeriahkan perayaan Cap Go Meh di sekitar kawasan Alun-alun Sungai Kapuas.

"Kota Pontianak merupakan kota kelahiran saya hingga tamat SMA, saya melihat lari yang sedang trend bisa menjadi sarana mempromosikan suatu daerah, terutama pariwisata."

"Maka Pontianak City Run (PCR) 2019 diharapkan bisa menjadi sarana untuk promosikan Pontianak dan Kalimantan Barat," tutur Djuruanto Tardjono selaku Pembina PCR dan Merah Putih Digital EO, dikutip dari rilis yang diterima portal berita olahraga INDOSPORT.

Berbeda dari kegiatan lari lainnya, di PCR 2019 peserta dijamin akan merasakan sensasi berbeda saat memacu kecepatan dengan kedua kakinya. Salah satunya ketika mereka beristirahat sejenak.

“Pontianak City Run memadukan olahraga dengan kearifan budaya lokal kota Pontianak seperti tarian adat 3 etnis suku Dayak, Melayu dan Tionghoa yang akan menggelar pertunjukan tarian di setiap water station.""

"Di akhir race para peserta akan disuguhkan festival jajanan khas Pontianak yang kami beri nama Festival Kopi Nusantara” ujar Veddy sebagai Ketua pelaksana, tentang keunikan dari Pontianak City Run.

Sekadar informasi, terdapan empat kategori yang bakal diadakan di Pontianak City Run 2019, yakni 1K Kids Run, 5K, dan 10K yang dibagi menjadi dua kelas, yakni nasional untuk WNI dan internasional untuk WNA.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM