Berusia 85 Tahun, Pria Ini Jadi Pelari Marathon Tertua

Jumat, 12 April 2019 15:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Niall Carson/PA Wire
Ken Jones jadi pelari tertua di London Marathon 2019 Copyright: © Niall Carson/PA Wire
Ken Jones jadi pelari tertua di London Marathon 2019

INDOSPORT.COM – Ungkapan ‘Usia hanyalah sekadar angka’ nampaknya berlaku bagi Ken Jones, yang menjadi peserta turnamen lari London Marathon 2019.

Pria tua berusia 85 tahun itu berhasil mempertahankan rekornya menjadi pelari tertua di  acara London Marathon 2019 yang akan digelar pada 28 April mendatang.

Jones yang berasal dari Irlandia Utara itu telah mengikuti lomba lari jarak jauh tersebut sejak pertama kali digelar yakni 1981 silam, dan kembali akan mengikutinya untuk ke-39 kalinya.

Ia pun optimis dapat mencetak waktu lebih cepat dibandingkan tahun lalu yakni tujuh jam 50 menit, karena kali ini kondisi tubuhnya lebih bugar.

“Saya dalam kondisi lebih bugar dibandingkan dengan tahun lalu. Selain berlari, saya juga melakukan renang tiga kali dalam seminggu untuk membantu tubuh saya menjadi lebih sehat,” tutur Jones kepada laman Xinhuanet.

Jones yang juga menargetkan untuk bisa kembali berpartisipasi untuk ke-40 kalinya juga pernah mencetak waktu tercepatnya, yakni 55 menit pada 1985 saat usianya masih muda.

Pria berusia senja itu pun membeberkan rahasianya mengapa ia masih bugar dan kuat untuk berkompetisi diajang jarak jauh yang membutuhkan stamina yang besar.

“Rahasianya? Hanya mengikuti pelatihan sewajarnya dan tak usah berlebihan karena bisa mencederai diri sendiri, serta mengenakan kaus ketat, itu saja,” tambahnya.

Selain Jones, Eileen Noble dari London Selatan juga akan menjadi pelari wanita tertua di London Marathon 2019.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM