Lalu Muhammad Zohri Diharapkan Bisa Tembus Rekor 9 Detik

Rabu, 24 April 2019 12:15 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Surya Fachrizal Aprianus/Anadolu Agency/Getty Images
Lalu Muhammad Zohri yang diharapkan bisa catatkan waktu di bawah sepuluh detik. Copyright: © Surya Fachrizal Aprianus/Anadolu Agency/Getty Images
Lalu Muhammad Zohri yang diharapkan bisa catatkan waktu di bawah sepuluh detik.

INDOSPORT.COMLalu Muhammad Zohri diharapkan menjadi sprinter Indonesia pertama yang mencatatkan waktu di bawah sepuluh detik di nomor lari 100 meter putra.

Harapan tersebut muncul setelah Zohri mencetak rekor nasional dan meraih medali perak di Kejuaraan Atletik Asia 2019 di Doha, Qatar.

Zohri memecahkan rekor nasional yang sebelumnya dipegang oleh Suryo Agung Wibowo. Sprinter kelahiran tahun 2000 itu mencatatkan 10,13 detik di babak final, lebih cepat 0,04 detik dari seniornya.

“Kami mengharapkan Zohri bisa menembus sembilan detik. Namun, prosesnya tentu harus sesuai dengan tahapan usianya. Semoga ini bisa terwujud,” ucap Suryo dilansir dari kanal berita olahraga Antara.

Untuk mewujudkannya, Suryo meminta persiapan yang jauh lebih matang. Apalagi, ia menyadari betul potensi Zohri untuk menjadi sprinter kelas dunia.

Meski catatan waktu Zohri selalu meningkat, masih banyak yang perlu diperbaiki. Hal itu diakui oleh pelatihnya sendiri, Eni Nuraeni Sumartoyo, yang mendapatkan penghargaan pelatih terbaik atletik Asia 2019 setelah berhasil membawa tim estafet Indonesia meraih medali perak di Asian Games 2018.

“Zohri masih punya kelemahan di start. Jika bisa memperbaiki, ia bisa menembus jajaran atlet top dengan waktu di bawah 10 detik. Saya sendiri terus melatih start-nya tanpa ada tekanan,” ujar Eni.

Raihan medali perak Zohri di Doha akan menjadi motivasi yang besar untuk terus meningkatkan waktunya. Apalagi, ia memiliki peluang untuk bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

Ikuti Update Berita Sport dan Atletik Lainnya di INDOSPORT.COM