Tips dan Trik Olahraga Lari untuk Pemula ala Ibnu Jamil

Minggu, 5 Mei 2019 12:45 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ibnu Jamil, aktor pegiat olahraga lari. Foto: Shintya Anya Maharani/INDOSPORT Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Ibnu Jamil, aktor pegiat olahraga lari. Foto: Shintya Anya Maharani/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Dari tahun ke tahun, cabang olahraga lari semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Terbukti turnamen lari dan marathon semakin banyak digelar di beberapa daerah di Indonesia, yang paling terdekat ialah Tiket.com Kudus Relay Marathon 2019.

Hal ini juga berlaku bagi presenter sekaligus aktor ternama Indonesia, Ibnu Jamil. Pria kelahiran 30 April 1982 ini terkenal 'gila' dengan olahraga yang mengandalkan otot kaki ini. Berbagai ajang baik lokal maupun internasional telah diikutinya. 

Khusus kepada INDOSPORT,  Ibnu bercerita tentang awal mulanya menyukai olahraga lari.

"Saya tadinya hanya suka sepak bola, tapi karena sepak bola itu ketergantungan sama tim, lapangan, dan biaya jadi saya merasa harus cari olahraga alternatif, ya sudah saya pilih lari."

"Lari kan enggak ada modal, santai, lakuin depan rumah juga jadi hahaha," jelasnya sembari tertawa, Kamis (02/05/19).

Tidak lupa, Ibnu juga memberikan tips dan trik latihan yang mudah dan benar untuk para pemula olahraga lari, juga berbagi cerita tentang latihan larinya secara pribadi. 

"Paling gampang itu download aplikasi penunjang lari di handphone untuk lihat kemampuan kita, saya juga begitu. Lalu lari secara perlahan, kalau saya biasanya mulai dari 5K terus naik ke 7K, ke 10K, dan seterusnya."

"Indikasi latihannya begini, kalau badan sudah enggak ngos-ngosan pada jarak tertentu, itu artinya kita sudah kuat di level itu. Tapi kalau belum terus saja latihan di jarak itu sampai bisa, jangan ditambah dulu jarak dan waktunya," jelas ayah beranak satu ini. 

Terkait waktu dan pola latihan, Ibnu mengaku santai namun dilakukan secara rutin. 

"Saya tiap hari lari sehabis salat subuh sebelum memulai aktivitas, itu saja sih," paparnya. 

Sekadar informasi, Ibnu telah berhasil mengumpulkan kurang lebih sekitar 9 medali terkait kompetisi lari lokal dan internasional.

Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Terus Ikuti Tips dan Trik Seputar Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%