Lalu Muhammad Zohri Kembali Pecahkan Rekor, Menpora: Masya Allah!

Minggu, 19 Mei 2019 18:16 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Imam Nahrawi kembali memuji Lalu Muhammad Zohri setelah kembali memecahkan rekor nasional dan lolos Olimpiade 2020. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Imam Nahrawi kembali memuji Lalu Muhammad Zohri setelah kembali memecahkan rekor nasional dan lolos Olimpiade 2020.

INDOSPORT.COM – Menpora Imam Nahrawi seolah kehabisan kata untuk memuji Lalu Muhammad Zohri yang kembali memecahkan rekor nasional dan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Hal itu terlihat di akun Instagram pribadinya, @nahrawi_imam, yang mengunggah ulang klip video dari PASI Pusat.

“Masya Allah, Zohri! Torehan prestasi yang sangat membanggakan. Indonesia Bangga!” tulisnya pada Minggu (19/5/19) dengan tagar Indonesia Juara dan Indonesia Bangga.

Zohri lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 setelah meraih peringkat ketiga di babak final nomor 100 meter putra IAAF World Challenge Seiko Golden Grand Prix Osaka 2019. Ia kembali memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri dengan catatan waktu 10,03 detik.

Catatan waktu Zohri tersebut menjadi pemecahan rekor keduanya pada tahun ini. Dalam ajang Kejuaraan Atletik Asia 2019 Qatar beberapa waktu lalu, Zohri memecahkan rekor nasional atas nama Suryo Agung Wibowo.

Ia hanya terpaut 0,03 detik dari Justin Gatlin (Amerika Serikat) di peringkat pertama dan 0,02 detik dari Yoshihide Kiryu (Jepang) di peringkat kedua. Gatlin adalah nama besar di dunia atletik nomor 100 meter putra. Sedangkan, Kiryu merupakan sprinter juara Asian Games 2018.

Dalam babak final tersebut, Zohri yang tak diunggulkan berlari di line sembilan. Namun, ia tampil apik sejak start. Memasuki 20 meter terakhir, ia melaju semakin kencang dan memastikan diri berada di tempat ketiga.

Hasil tersebut memperlihatkan perkembangannya dalam berlatih start. Start Zohri sendiri memang menjadi masalah pribadinya dalam setahun terakhir. Saat meraih medali perak di Kejuaraan Atletik Asia Qatar beberapa waktu lalu pun, ia mengaku masih lemah saat mengawali lomba.

Proses berlatihnya terbukti membuahkan hasil meski masih bisa mencatatkan waktu lebih baik lagi. Hasil positif dari tempat ketiganya kali ini ialah semakin memengkas jarak dengan Kiryu yang selalu mengunggulinya dalam dua balapan terakhir.

Selanjutnya, ia akan melanjutkan kiprahnya di Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Doha, Qatar pada Oktober mendatang. Zohri lolos karena berhasil menembus waktu 10,10 detik. Ajang tersebut sekaligus menjadi persiapan pra-Olimpiade 2020.

Ikuti Update Berita Sport dan Atletik Lainnya di INDOSPORT.COM