Pelari Afrika Selatan Akui Kasusnya dengan IAAF Soal Kelainan Hormon Jadi Mimpi Buruk

Kamis, 4 Juli 2019 17:58 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© NZ Herald
Caster Semenya, Pelari Afrika Selatan yang Kelainan Hormonnya Terus Dipermasalahkan. Copyright: © NZ Herald
Caster Semenya, Pelari Afrika Selatan yang Kelainan Hormonnya Terus Dipermasalahkan.

INDOSPORT.COM - Pelari Afrika Selatan, Caster Semenya mengakui bahwa kasus soal kelainan hormonnya dengan IAAF telah merusak dirinya secara fisik dan mental.

Kasus soal kelebihan hormon Semenya dengan badan atletik dunia (IAAF) memang masih terus bergulir. Setelah sebelumnya, ia dinyatakan lolos oleh Pengadilan Arbitrasi Olahraga di Lausanne, Swiss, soal kadar hormonnya dan diijinkan untuk kembali tampil di balapan lari 800 meter, namun keputusan itu nyatanya diminta IAAF untuk ditangguhkan sementara waktu.

Seperti diberitakan oleh portal berita olahraga Sky Sports, IAAF telah mengajukan permohonan penangguhan putusan itu kepada Pengadalian Federal Swiss secara resmi. Mereka mengaku akan terus membereskan permasalahan ini sampai tuntas.

"Jika saya tidak berlari di nomor 800 meter, saya tidak bisa bertanding di Kejuaraan Dunia. Tujuan saya adalah mempertahankan gelar dunia saya, jadi, jika saya tidak diijinkan ya bagaimana bisa saya mempertahankan gelar?" ujar Semenya dikutip dari kanal berita sport Punch.

Namun sekali lagi, ia berhasil memenangkan kompetisi Diamond League yang digelar hari Minggu (30/06/19) kemarin yang digelar di Amerika Serikat setelah sebelumnya sempat diberitakan tidak bisa turut serta.

Caster pun menambahkan bahwa dirinya akan kembali ke turnamen Kejuaraan Dunia tahun depan dan akan memilih berlibur di tahun ini.