Kelainan Hormonnya Jadi Masalah, Pelari Afrika Selatan Lancarkan Protes

Jumat, 21 Juni 2019 18:12 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Francois Nel/Getty Images
Caster Semenya, pelari asal Afrika Selatan yang mengalami kelainan hormon. Foto: Francois Nel/Getty Images. Copyright: © Francois Nel/Getty Images
Caster Semenya, pelari asal Afrika Selatan yang mengalami kelainan hormon. Foto: Francois Nel/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Atlet peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 asal Afrika Selatan, Caster Semenya, kembali diperbolehkan terlibat dalam turnamen internasional oleh Asosiasi Federasi Atletik Internasional (IAAF).

Caster akan kembali mengikuti Kejuaraan balapan lari di nomor 800 meter Stanford Diamond League, Minggu (30/06/19) mendatang.

Kepastian Caster untuk kembali tampil di turnamen atletik diperolehnya ketika ia dinyatakan lolos oleh Pengadilan Arbitrasi Olahraga di Lausanne, Swiss.

Ia mengajukan banding terhadap putusan IAAF yang mewajibkan wanita dengan kadar hormon pria lebih tinggi dari normal untuk menurunkan kadar testosteron mereka sebelum kembali berkompetisi di balapan lari jarak 400 meter ke mil.

"Caster diminta agar dia dipindahkan dari turnamen 3.000 meter ke turnamen 800 meter, dan kami senang ia mematuhinya," ujar Tom Jordan selaku direktur Prefontaine Classic dikutip dari situs resmi afp.com.

Sebelumnya, pelari Afrika Selatan tersebut sempat melayangkan tuduhan kepada IAAF karena telah menggunakannya sebagai bahan ekspresimen mereka. IAAF menduga bahwa obat yang dikonsumsi Caster akan memengaruhi kadar testosteronnya.

Sementara itu, kompetisi yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat mendatang akan menjadi debut perdananya setelah memenangkan emas di turnamen Diamond League yang diselenggarakan di Doha, 4 Mei 2019 lalu.