Filosofi dari Medali dan Jersey Keren dalam Borobudur Marathon 2019

Selasa, 22 Oktober 2019 20:11 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas Borobudur Marathon 2019
Peluncuran Medali Borobudur Marathon 2019. Copyright: © Humas Borobudur Marathon 2019
Peluncuran Medali Borobudur Marathon 2019.

INDOSPORT.COM - Yayasan Borobudur Marathon dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuat gebrakan dengan meluncurkan jersey dan medali keren sebagai bagian dari rangkaian acara Borobudur Marathon 2019 powered by Bank Jateng.

Borobudur Marathon 2019 yang mengusung tema "Synergy and Harmony" ingin mengajak seluruh pihak yang terlibat, yaitu sponsor, penyelenggara, peserta, dan masyarakat lokal untuk bersinergi dalam menciptakan keselarasan demi meningkatkan nilai pariwisata dan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Magelang.

Bertempat di Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, akan ada 350 pelari dari berbagai komunitas di Provinsi Jawa Tengah sekitarnya yang akan diundang dalam acara peluncuran jersey serta medali tersebut.

Acara dibuka oleh Supriyatno selaku Direktur Utama Bank Jateng dan diawali dengan berlari bersama sejauh 4,16 kilometer.

Desain jersey tahun ini cukup berbeda dengan desain tahun-tahun sebelumnya. Filosofi desain logo Borobudur Marathon 2019 adalah memberikan kesan yang lebih dewasa, seiring dengan bertambah matangnya Borobudur Marathon sebagai sebuah rangkaian acara lomba lari. 

Kemudian, konsep ini direalisasikan dengan menonjolkan bentuk-bentuk minimalis, huruf-huruf yang tajam, dan warna-warna polos, tanpa adanya elemen-elemen dekoratif seperti tahun sebelumnya.

Melalui elemen-elemen ini sebagai kerangka acuan desain, terbentuklah sebuah jersey dengan penampilan yang tidak rumit, tetapi tetap memberikan identitas Borobudur Marathon yang mudah dikenal.

Selaras dengan jersey, desain medali Borobudur Marathon 2019 terinspirasi oleh kontur batuan yang menyusun Candi Borobudur yang dipadukan dengan grafik ikonis Borobudur Marathon, yaitu siluet tampak atas Candi Borobudur.

Melalui medali ini, Borobudur Marathon 2019 ingin bercerita bahwa Borobudur Marathon 2019 memiliki filosofi seperti Candi Borobudur yang tersusun dari ribuan batuan kokoh yang saling mendukung satu sama lain.

Medali ini merupakan bentuk apresiasi Borobudur Marathon 2019 atas kontribusi seluruh pihak, bahwa sekecil apapun kontribusinya sangat berarti bagi keberlangsungan acara ini sebagai salah satu sport tourism destination yang berkelanjutan.