Peraih Emas SEA Games 2019 Ramaikan Lomba Lari di Medan

Senin, 23 Desember 2019 19:32 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebanyak 5000 pelari dari berbagai daerah meramaikan even Bukit Barisan Run 5K dan 10K Tahun 2019 yang memulai start dari Lapangan Benteng, Medan, Minggu (22/12/2019).

Event yang digelar dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat TA 2019 - Kodam I/Bukit Barisan tersebut diikuti oleh para pelari baik lokal maupun nasional. Selain itu even ini juga digelar sebagai bagian dari rangkaian dengan peringatan HUT ke-71 Infanteri dan peringatan Hari Ibu ke-91.

Pangdam I/BB, Mayjen MS Fadhila mengatakan lomba ini tidak hanya sekadar hiburan semata, tetapi juga bertujuan untuk mencapai prestasi. Karena ada sekitar 30 atlet pelari nasional yang turut berpartisipasi dalam lomba.

"Dua di antara atlet nasional itu adalah Letda Agus Prayogo yang meraih medali emas full marathon SEA Games 2019 Filipina kemarin, serta atlet kebanggan Kodam I/BB, Pratu Welman Pasaribu dari Yonif 121/MK yang menempati posisi keempat," kata Pangdam.

Mayjen Fadhilah juga menegaskan, lomba ini juga bagian dari upaya Kodam I/BB dalam menyehatkan masyarakat, dan mengolahragakan masyarakat Kota Medan dan umumnya Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dia berharap even ini memotivasi para pelari untuk terus berlatih.

"Jadi kita bukan sekedar senang-senang saja disini, tetapi juga kita mengejar prestasi ini terbukti dari ikut sertanya pelari nasional dalam even ini, untuk itu saya berharap even ini dapat mengolahragakan masyarakat," harapnya.

Lebih lanjut Mayjen Fadhilah juga menjelaskan even lomba lari ini terselenggara berkat kerja sama Kodam I/BB dengan Polda Sumut, Pemprov Sumut, KONI Sumut, PASI Sumut, serta Pemko Medan.

Letda Agus Prayogo keluar sebagai juara satu kelas nasional/umum 10K dan mendapatkan uang pembinaan Rp 20 juta. Sedangkan Pratu Welman Pasaribu keluar sebagai juara I kelas TNI 10K dan berhak mendapat uang pembinaan Rp 15 juta.