UI Ultra 2020 Virtual Jadi Marathon Andalan Universitas Indonesia

Rabu, 16 Desember 2020 19:12 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© Rilis Resmi
ILUNI FEB UI gelar acara lari UI Ultra 2020 Virtual, kendati ada pandemi Corona. Copyright: © Rilis Resmi
ILUNI FEB UI gelar acara lari UI Ultra 2020 Virtual, kendati ada pandemi Corona.

INDOSPORT.COM - Dewasa ini, pandemi Corona yang merajarela membuat Indonesia patut waspada. Kendati demikian, Universitas Indonesia tetap bisa mengajak masyarakat hidup sehat lewat lomba marathon bertajuk UI Ultra 2020 Virtual.

Apa itu UI Ultra 2020 Virtual? Semua berawal dari komunita pecinta lari fakultas ekonomi dan bisnis (FEB) salah satu kampus negeri ternama mengajak kalangan umum untuk ikut meramaikan acara mereka. Akhirnya, lomba marathon pun tercipta.

Baru saja diselesaikan dengan rentang waktu tiga hari (11-13 Desember 2020), kompetisi ini mendapat sedikit permak, mengingat kondisi berkerumun tak diperbolehkan. Sebagaimana diketahui, Covid-19 masih menjadi kasus pelik di negeri ini.

Daripada membuat para pesertanya terancam, Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (ILUNI FEB UI) lantas menyesuaikan konsep lari dengan cara virtual. Alhasil, para peserta dari berbagi tempat bisa ikut menyelesaikan perlombaan sejauh 70 km ini.

Meskipun lomba virtual ini bakal serasa sepi, penyelenggara membuat atmosfer berbeda agar serasa marathon sungguhan. Ya, akan ada enam titik foto di rute lari yang dilalui peserta di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, dan Bandung yang akan mengabadikan para peserta.

"Ada enam fotografer yang kami letakkan di enam rute populer di kota-kota dengan jumlah peserta terbanyak. Dengan demikian peserta yang sendirian bisa mendapat dokumentasi acara di jarak aman," terang Anthony Reza, Race Direktur acara sesuai rilisan yang diterima INDOSPORT.

Uniknya walaupun berlangsung secara virtual, UI Ultrra 2020 Virtual ini menarik perhatian hingga 1300 peserta dari 96 kota di lima pulau berbeda di Indonesia. Tentu saja hal ini berarti pelari yang ikut serta mulai dari Pidie, Aceh hingga Manokwari, Papua Barat.

Lomba lari marathon yang pertama diselenggarakan UI ini sendiri punya ciri khas tersendiri. Dibagi dalam empat katagori berbeda yakni individu, relay 2, relay 5, dan relay 10, lomba ini wajib menyelesaikan jarak 70 km.

Mengapa harus 70 km? Lomba lari marathon ini diselenggarakan sekaligus merayakan dies natalis Universitas Indonesia yang ke-70 tahun ini. UI Ultra 2020 Virtual sendiri awalnya akan dihelat 18-19 April lalu, tapi akhirnya diundur imbas Corona yang sulit terkendali.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%