Usung Lomba Marathon Pertama, UI Ajak 1300 Peserta dari 5 Pulau Besar Indonesia

Rabu, 16 Desember 2020 18:43 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Rilis Resmi
ILUNI FEB UI gelar acara lari UI Ultra 2020 Virtual. Copyright: © Rilis Resmi
ILUNI FEB UI gelar acara lari UI Ultra 2020 Virtual.

INDOSPORT.COM - Berawal dari komunitas pecinta lari, Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (ILUNI FEB UI) menggelar lomba marathon yang cukup besar. Tak tangung-tanggung, 1300 peserta dari lima pulau turut ikut serta.

Baru saja digelar 11 hingga 13 Desember 2020, semua kalangan mungkin masih bertanya-tanya, bagaimana bisa lomba yang buat kerumunan berlangsung pada situasi saat ini? Maklum, pandemi Corona di Tanah Air masih tergolong tinggi sehingga sangat berbahaya.

Ternyata hal ini sudah diperhitungkan oleh salah satu universitas negeri itu dengan mencetuskan inovasi baru. Ketimbang melaksanakan lomba secara konvensional, UI mengubah gelaran marathon mereka dengan konsep virtual.

Ya, bertajuk UI Ultra 2020 Virtual, ajang marathon ini bisa diikuti secara aman di masa pandemi Covid-19 yang kian menggila. Perubahan konsep ini justru disambut baik oleh para peserta dari seluruh Indonesia.

Tercatat, UI Ultra 2020 Virtual diikuti oleh lebih dari 1000 peserta yang tersebar dari 96 kota di 5 pulau terbesar. Alhasil, para pelari marathon yang turut memeriahkan acara ini ada yang dari kota Pidie, provinsi Aceh hingga Manokwari, Papua Barat.

Seperti namanya berkonsep virtual, perlombaan ini menggunakan teknologi agar tiap peserta mampu menyelesaikan jarak 70 km. Mengapa harus jaraknya bisa sejauh itu? Hal ini dalam langka memperingati dies natalis FEB yang ke-70 tahun ini.

"berkolaborasi dengan platform teknologi virtual run, UI Ultra 2020 Virtual membantu peserta berlari secara mandiri di dalam maupun di luar rumah selama rentang 3 hari," ungkap Anthony Reza, Race Director acara itu dilansir press release yang diterima INDOSPORT.

"Peserta tim relay pun bisa melakukan kegiatan mereka bersama-sama di tempat yang berbeda, namun terhubung secara teknologi dan menyelesaikan jarak 70 km secara tim," imbuhnya.

Perlombaan marathon unik yang diusung UI ini sendiri membagi acara dengan empat kategori berbeda yaitu individu, relay 2, relay 5, dan relay 10. Total jarak yang harus ditempuh para peserta UI Ultra 2020 Virtual mencapai 70 km.