Komunitas Sehat

HIndari Cedera, Ini Teknik yang Wajib Dipelajari untuk Pelari Pemula

Senin, 24 April 2023 17:30 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Skolari.id/yurigophotography
Skolari, Komunitas Lari yang Doyan Beri Edukasi. (Foto: Skolari.id/yurigophotography) Copyright: © Skolari.id/yurigophotography
Skolari, Komunitas Lari yang Doyan Beri Edukasi. (Foto: Skolari.id/yurigophotography)

INDOSPORT.COM - Selain karena tak memerlukan banyak alat, lari dinilai merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan.

Kendati demikian, sebagai pegiat pelari khususnya para pemula tak boleh mengabaikan hal-hal yang berisiko menimbulkan cedera.

Founder komunitas dan sekolah lari Skolari, Rinaldi Usman, kepada INDOSPORT membagikan sedikit tips mengenai hal-hal yang harus dipelajari oleh para pelari pemula.

“Biasanya memang sangat dasar sekali ya. Lari itu kan yang kita mesti ketahui teknik yang pertama adalah running form, bagaimana bentuk badan kita ketika berlari,” pungkas Rinaldi Usman.

Lebih lanjut, Rinaldi Usman juga menerangkan bahwa teknik abc drill, agility balance coordination, teknik pernadafan, serta core strength yaitu mengenai kekuatan juga mesti dipelajari oleh pelari pemula.

“Hal-hal dasar tadi jarang orang mengetahui, orang mikirnya lari main lari saja begitu karena dari kecil sudah lari,” cetus Rinaldi Usman.

“Padahal kalau lari enggak pake teknik maka larinya enggak efektif malah bisa bikin celaka atau cedera,” sambung Rinaldi Usman.

Lebih lanjut, Rinaldi Usman juga mengatakan bahwa seperti bidang-bidang lainnya di dalam kehidupan, olahraga lari juga merupakan suatu hal yang berkembang dan terus dipelajari.

Oleh karenanya, ia menyarankan untuk para pelari agar terus memelajari teknik berlari supaya bisa lebih efektif, menghindari cedera atau celaka, dan tujuannya tercapai yaitu hidup sehat dan bahagia.