x

Event Run To Care 2022, SOS Children’s Villages Ajak Ratusan Pelari Galang Dana

Kamis, 21 Juli 2022 18:10 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
SOS Children’s Villages siap menggelar perhelatan Run To Care 2022 yang diselenggarakan secara hybrid alias virtual dan online.

INDOSPORT.COM - SOS Children’s Villages siap menggelar perhelatan Run To Care 2022 yang diselenggarakan secara hybrid alias virtual dan online.

Merupakan tahun ketujuh, acara Run To Care Annual Series ini digelar sebagai perhelatan charity run yang digagas oleh SOS Children’s Villages.

Selain membugarkan badan melalui olahraga berlari, event ini juga memberi wadah kepada para pelari untuk berbagi kebaikan dengan melakukan penggalangan dana lewat halaman donasi atas nama masing-masing pelari.

Baca Juga

Demi mencegah anak kehilangan pengasuhan orang tua dan membantu keluarga memenuhi kebutuhan hidup mereka, seluruh hasil penggalangan dana diperuntukkan bagi pemenuhan hak anak seraya menguatkan keluarga rentan yang terdampak pandemi Covid-19.

Mengusung tema #BangkitBersama, event Run To Care 2022 juga bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar mengambil bagian dan berkontribusi langsung dalam program kerja SOS Children’s Villages.

Menggandeng puluhan komunitas lari dari seluruh nusantara, acara lari amal ini mengambil jarak sejauh 150 KM.

Baca Juga

“Ini bukan hanya tentang kami, tapi Run to Care sudah menjadi milik para pelari, Sahabat kami yang ditunggu setiap tahunnya,” pungkas Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages.

“Semangat dan dukungan luar biasa dari para pelari dan para rekan yang kami terima benar-benar kami syukuri dan kami jadikan motivasi untuk terus menghadirkan misi-misi kebaikan melalui kegiatan yang menarik,” katanya.

Pandemi yang melanda dunia sejak dua setengah tahun lalu, kini situasinya jauh lebih baik dengan penyebaran yang sudah bisa dikendalikan, tetapi nyatanya tidak dengan dampak yang ditimbulkan.

Baca Juga

SOS Children's Villages melalui program penguatan keluarga (Family Strengthening dan Community Empowerment), berusaha untuk memastikan setiap keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 agar mempunyai penghasilan tambahan.

Program tersebut juga bertujuan agar semua anak yang terkena dampak situasi tersebut tetap bisa terpenuhi hak dan kebutuhan dasarnya.

Baca Juga

Hingga kemudian, program ini diangkat kembali oleh Run to Care 2022 lewat 623 pelari yang turut berpartisipasi dengan berlari ratusan kilometer, sekaligus mendedikasikan diri mereka untuk menggalang dana bagi pemenuhan kebutuhan hidup keluarga dan anak-anak Indonesia.

“Kami ingin mengajak semakin banyak masyarakat untuk mengenal SOS Children’s Villages sehingga mereka juga bisa turut serta mendukung program kerja kami bagi anak-anak Indonesia,” tutup Gregor Hadi Nitihardjo.


1. Perhelatan Offline

Konfrensi Pers Acara Run To Care 2022.

Untuk perhelatan off line, nantinya akan mengusung konsep Ultra Marathon 150 KM dengan rute Toba – Medan dan ini menjadi yang pertama di kota Paris Van Sumatera tersebut.

Run To Care 2022 membawa makna baru dalam olahraga yang melibatkan 131 pelari off line, 493 pelari virtual, lebih dari 4.600 donatur, hingga para mitra korporasi dan media yang berkomitmen untuk mendukung pemenuhan hak anak dan penguatan keluarga rentan yang terdampak Covid-19.

Baca Juga

Untuk gelaran off line, akan berlangsung pada 29 – 31 Juli 2022. Mengikuti jejak Run To Care di tahun sebelumnya, kali ini lokasi Start atau flag off juga ada dua tempat untuk tiga kategori lari yaitu Individu 150 Km, Individu 100 Km dan relay 3 pelari 50 Km.

Sebanyak 54 pelari kategori 150 Km dan 16 pelari kategori 50 Km akan Start di pesisir Pantai Atsari Danau Toba di Parapat, kemudian dilanjutkan ke check point 1 yang juga akan menjadi titik start bagi 29 pelari kategori 100 Km dan 16 pelari kategori 50 Km di SMPN 1 Purba.

Baca Juga

Terakhir, menuju check point 2 yang merupakan start untuk 16 pelari relay terakhir di sekitar Berastagi, dan sampai pada garis finish di SOS Children’s Village Medan.

Dengan rute ini, para pelari bakal disuguhi keindahan alam Sumatera Utara saat mereka menjalankan misi berlarinya.

Total 131 pelari tersebut tidak akan berkumpul di satu titik demi memecah kerumunan di saat pandemi yang sepenuhnya belum usai ini.


2. Perhelatan Virtual

Konfrensi Pers Acara Run To Care 2022.

Sementara itu untuk perhelatan Run To Care 2022 yang dilakukan secara virtual, sesi tersebut digelar dengan dua metode yaitu virtual di Run To Care Virtual dan off line di Run To Care Toba-Medan.

Untuk Run To Care Virtual terbagi dalam tiga kategori, yaitu multiple run 50 Km, 100 Km dan 150 Km.

Pendaftaran sudah dibuka mulai dari 8 April 2022 dan sudah ditutup pada 3 Juli 2022 dengan jumlah 493 pelari dari seluruh Indonesia, dengan mengunduh aplikasi 99 Virtual Race di App Store dan Play Store.

Periode lari virtual sudah dimulai di tanggal 13 Juni lalu. Sebanyak 493 pelari virtual tersebut mencicil kilometer lari setiap harinya sebagai bentuk perjuangan.

Lari virtual akan ditutup pada tanggal 31 Juli 2022, berbarengan dengan lari offline di Medan. Sekecil apapun bantuan, akan menjadi arti besar bagi mereka.

Jadi, siapa pun bisa menjadi #PejuangAnak dengan menunjukkan dukungan melalui: kitabisa.com/runtocare.

Komunitas SehatLariSOS Children’s Villages Indonesia

Berita Terkini