x

Insiden Khabib vs McGregor, Salah Siapa? Ini Jawaban Berkelas dari Raja MMA Indonesia

Senin, 15 Oktober 2018 11:05 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Pada akhir pekan lalu, tersaji pertarungan panas antara Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor yang merupakan pertandingan termahal di MMA (Mix Martial Arts). Akhirnya, Khabib berhasil memenangkan laga UFC 229 itu setelah empat ronde.

Pertarungan yang berakhir dengan aksi Khabib yang menerjang Dillon Danis itu banyak menyita perhatian dunia, tak terkecuali juara One Pride MMA 2016, Suwardi. Raja MMA Indonesia ini ikut merasakan atmosfer menegangkan dari pertandingan klasik antara striker vs grapler.

Baca Juga

Kedua petarung dinilai memiliki teknik tingkat tinggi yang membuat tensi pertandingan memanas. Bagi Suwardi, Khabib layak menang atas petarung asal Irlandia karena mempunyai stamina yang baik dan teknik grapling tingkat tinggi.

Sayangnya, pertandingan yang sangat seru itu berujung pada aksi murka sang pemenang setelah dihina agamanya oleh kru dari McGregor. Publik pun bertanya-bertanya siapa yang salah dalam insiden itu, Suwardi punya jawabannya.

Baca Juga

”Saya cuma menilai dari sisi netral, dua-duanya salah, psywar Conor terlalu belebihan yg menyinggung masalah pribadi. Sedangkan Khabib terlalu emosi dan melakukan hal hal di luar kendali,” kata petarung yang dijuluki Becak Lawu itu.

Setinggi-tingginya tensi suatu laga sangatlah diharapkan untuk tetap mengikuti etika bertanding yang ada. Biar bagaimanapun di dalam arena boleh bermusuhan, tetapi jika sudah di luar kedua petarung harus sudah bisa menjalin persahabatan kembali.


1. Kelakuan Khabib dan McGregor Bisa Bikin UFC Tutup

Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor

Aksi rasisme akan selalu tidak mendapatkan tempat dalam ajang olahraga manapun termasuk di MMA. Penghinaan yang dilakukan McGregor terhadap petarung asal Rusia memang tidak bisa diterima, tetapi tidak menjadi alasan untuk melakukan penyerangan terhadap orang lain.

Suwardi menilai aksi dari kedua petarung sangatlah di luar dugaan dan akan berimbas pada kelangsungan UFC sendiri. Kekisruhan yang terjadi dapat mencoreng nama baik UFC di mata dunia sebagai salah satu ajang yang menjunjung tinggi nilai sportivitas.

Baca Juga

“Sanksi dari badan profesional bisa saja menutup UFC yg telah menyelenggarakan event yg tidak aman. UFC tutup sama saja akan menutup periuk nasi para fighter-fighter-nya," ujar pria yang lahir bertepatan dengan hari Natal itu.

Petarung UFC yang hanya mengandalkan pundi-pundi dari hasil pertandingan akan menjadi pihak yang pertama kali merasakan kerugian jika UFC sampai dihentikan. Ini tentu akan menjadi bahan renungan bagi semua petarung di dunia untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas.

Baca Juga

Perkembangan terkini, baik Khabib dan McGregor telah disanksi oleh pihak Komisi Atlet Nevada (NSAC) hingga investigasi terhadap kasus itu selesai.

Ikuti Terus Berita MMA dan UFC Serta Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Conor McGregorSuwardiKhabib Nurmagomedov

Berita Terkini