x

Dejan Lovren dan Deretan Pesepakbola yang Pernah Jajal Dunia Gulat

Kamis, 25 Maret 2021 13:32 WIB
Editor: Juni Adi
Dejan Lovren di laga Watford vs Liverpool

INDOSPORT.COM - Video mntan bek Liverpool, Dejan Lovren sempat viral setelah keberaniannya bergulat dengan mantan petarung UFC, Mirko Filipovic. 

Aksi tersebut dilakukan Lovren disela-sela waktu senggangnya, ketika Zenit St. Petersburg libur bermain akhir pekan lalu.

Bukannya dimanfaatkan untuk istirahat, Lovren yang memenangangi gelar Liga Inggris dan Liga Champios bersama The Reds, malah mengisinya dengan sparring duel melawan Mirko yang juga sama-sama berasal dari Krosia.

Menghadapi mantan petarung yang punya rekor 38 kemenangan, 11 kekalahan, 2 imbang itu, Lovren langsung dibuat roboh di ring. 

Baca Juga

Kemudian, pesepakbola 31 tahun itu langsung berusaha dikunci oleh Mirko. Tak pakai lama, Dejan Lovren pun menyerah, dan hanya bertahan selama 50 detik di octagon. Duel itu diunggah Lovren di Instagramnya. 

"Pagi ini ada sesi latihan singkat melawan @crocop1009. Betapa buasnya pria ini. Sangat menyenangkan Mirko. Terima kasih," tulis Lovren di Instagram.

Baca Juga

Musim ini, Dejan Lovren menjadi andalan Zenit di Liga Rusia. Bek tengah itu membawa Zenit ke puncak klasemen, dengan raihan 48 poin, unggul empat angka dari Spartak Moskow.

Sedangkan Mirko Filipovic, ia sempat bergabung dengan Promotor UFC pada Februari 2007 dan memutuskan untuk keluar pada Oktober 2011 serta sempat comeback pada 2015.

Mirko Filipovic kemudian bergabung dengan ajang tarung Jepang, Rizin, di mana ia tak pernah kalah. Kemudian akhirnya bertarung di ajang Bellator MMA di mana ia terakhir bertarung kala debut melawan Roy Nelson pada Februari 2019 lalu.

 

1. Pesepakbola Alih Profesi ke Duni Gulat

Ilistrasi gulat.

Dejan Lovren bukanlah pesepakbola pertama yang pernah menjajal dunia seni bela diri campuran atau gulat. Sebelumnya, sudah ada beberapa nama bahkan hingga menekuninya usai pensiun dari lapangan hijau.

Sebelumnya sudah ada pemain sepak bola yang bermain di ring WWE usai memutuskan pensiun, seperti Tim Wiese dan Adebayo Akinfenwa yang berencana bergabung jika telah pensiun.

Tim Wiese meninggalkan Bundesliga pada 2013/2014. Setalah itu, Tim Wiese memutuskan pensiun saat berusia 33 tahun.

Baca Juga

Beberapa bulan setelah pensiun, Tim Wiese justru langsung menandatangani kontrak dengan WWE. Itu artinya mantan kiper Werder Bremen itu resmi menjadi bagian dari promotor gulat profesional.

Sementara Sosok Adebayo Akinfenwa dikenal sebagai pesepak bola terkuat di dunia. Julukan itu didapat berkat tubuh gempal serta ototnya yang kekar.

Saat ini Akinfenwa masih tercatat sebagai striker Wycombe Wanderers. Tapi dia mendekati masa pensiun karena umurnya sudah 39 tahun.

Jika nantinya gantung sepatu, Akinfenwa ditawari untuk meramaikan panggung gulat World Wrestling Entertainment (WWE). Sejauh ini Akinfenwa masih mempertimbangkan tawaran tersebut.

"Baru-baru ini saya menerima telepon untuk membahas tawaran itu. Saya akan coba memikirkannya," kata Akinfenwa dikutip dari Metro, Selasa (13/10/2020).

Baca Juga

Selain itu ada nama Chris Smalling yang juga pernah melakukan aksi seni bela diri meski bukan kategori gulat, yakni Judo.

Dalam sebuah kesempatan saat membela Timnas Inggris, Smalling diwaktu senggangnya sempat menjadi juri dalam program pencarian bakat.

Ia pun memamerkan kebolehan judonya ke peserta, dengan membanting ke lantai. Pemain yang kini membela AS Roma itu memang sudah lama menggeluti olahraga judo. Sewaktu masih remaja, ia penah menjadi juara nasional di kelompok usianya. 

LiverpoolDejan LovrenUltimate Fighting Championship (UFC)Chris Smalling

Berita Terkini