x

4 Fakta yang Wajib Diketahui tentang Roberto Soldic, Jagoan Baru MMA Eropa di One Championship

Jumat, 5 Agustus 2022 22:14 WIB
Editor: Juni Adi
Roberto Soldic, petarung anyar ONE Championship yang tolak gabung dengan UFC.

INDOSPORT.COM - Roberto Soldic adalah salah satu petarung MMA asal Eropa yang baru saja memutuskan gabung ke ONE Championship. Berikut fakta-faktanya:

Nama petarung MMA (Mixed Martial Arts) Eropa, Roberto Soldic saat ini tengah menjadi buah bibir setelah dirinya memutuskan untuk bergabung dengan ONE Championship.

Baca Juga

Kepastian itu dikonfrimasi melalui laman media sosial Instagram Roberto Soldic, dan juga di laman resmi ONE Championship, pada Senin (01/08/22) lalu.

Pengumuman itu dibarengi dengan penandatanganan kontrak eksklusif Roberto Soldic untuk berkompetisi di dalam salah satu organisasi bela diri campuran terbesar dunia itu.

“Bagi saya ini adalah kesempatan yang lebih baik. ONE adalah organisasi (seni bela diri) terbesar di dunia,"  kata Soldic, berdasarkan rilis yang diterima INDOSPORT.

Baca Juga

"Anda tahu sendiri apa yang terjadi saat para bintang UFC pergi ke ONE. Mereka kalah, tak bisa memenangi sabuk ONE Championship,” tambahnya.

Sebelumnya status petarung MMA paling dominan di daratan Eropa itu banyak menerima tawaran dari organisasi lain, salah satunya adalah UFC.

Akan tetapi pria asal Kroasia ini memilih ONE Championship, meski disebut sudah mendapat tawaran resmi untuk bergabung dengan UFC.

Baca Juga

Roberto Soldic menjelaskan mengapa memilih untuk bergabung dengan ONE Championship, dan berani menolak UFC yang ia anggap tak sehebat petarung ONE .

Selain itu secara tersirat juga 'lembek' karena tak sanggup memenangi sabuk juara.

“Hal ini membuat saya ingin menjadi petarung yang berbeda," ujarnya.

"Saya ingin mencoba dan merebut sabuk yang gagal diraih para petarung UFC. Mereka tidak mampu (bersaing). Saat saya menyaksikan ajang ONE langsung, saya melihat pertarungan striking dan grappling yang berbeda,” lanjutnya.

Apa yang dikatakan oleh Roberto Soldic bukanlah tanpa alasan.

Sebab, sejumlah mantan petarung MMA dari UFC seperti Eddie Alvarez dan Demetrious Johnson mendapat kesulitan berarti saat berkompetisi melawan para atlet ONE Championship. Berikut beberapa fakta tentangnya:


1. Juara MMA Dua Divisi

Roberto Soldic, petarung anyar ONE Championship yang tolak gabung dengan UFC.

Sebelum mantap bergabung dengan ONE Championship, petarung MMA berjuluk 'Robocop' ini adalah pemilik sabuk juara dua divisi dari welterweight dan middleweight di Konfrontacja Sztuk Walki (KSW), salah satu organisasi seni bela diri campuran terbesar di Benua Biru.

Demi menaikan namanya lebih tinggi di olahraga tarung bebas ini, dan juga ingin meningkatkan kualitasny maka Soldic memutuskan untuk gabung dengan ONE Championship.

Baca Juga

Rekor Kemenangan Roberto Soldic Mencengangkan

Statu sebagai salah satu petarung MMA terbaik dari Eropa bukan tanpa alasan disandang oleh Roberto Soldic. 

Sebab ia memiliki rekor yang cukup menjanjikan yakni 20-3 dengan tingkat penyelesaian 90 persen. Artinya, hanya dua kemenangan yang diraih lewat putusan juri, sisanya disikat kalah TKO.

Roberto Soldic yang mengaku telah menonton secara langsung pertarung UFC dan ONE Championship memiliki perbedaan lainnya yang mencolok.

Baca Juga

Yakni bagaimana organisasi MMA terbesar di dunia itu mampu memperlakukan atletnya dengan baik.

“Saya juga telah menghadiri banyak ajang UFC, dan ONE adalah hal yang spesial dan juga berbeda. Seni bela diri sejati. Jadi, saya ingin mencoba organisasi ini dan saya akan coba merebut semua sabuk,” ujarnya.

Baca Juga

“Hanya Chatri Sityodtong (CEO ONE Championship) yang memberi saya kesempatan untuk menjadi seorang juara sejati dalam seni bela diri,” ungkapnya.
 


2. Pernah Jajal Tinju

Roberto Soldic, petarung anyar ONE Championship yang tolak gabung dengan UFC.

Selain MMA, Roberto Soldic rupanya memiliki kemampuan lain dalam olahraga fisik yakni bertinju. Ia diketahui mempunyai rekor 4-0 via KO atau TKO di arena tinju.

Meski punya rekor mentereng di dunia tinju, Roberto Soldic rupanya memilih untuk menekuni dunia MMA. Ia sudah membangun namanya dipanggung ini dengan jadi petarung fenomenal di bawah organisasi KSW asal Polandia.

Baca Juga

Banyaknya disiplin yang ditawarkan ONE Championship seperti Muay Thai dan Kickboxing juga menjadi daya tarik sendiri bagi petarung berusia 27 tahun ini.

"Saya juga telah menghadiri banyak ajang UFC, dan ONE adalah hal yang spesial dan juga berbeda. Seni bela diri sejati. Jadi, saya ingin mencoba organisasi ini dan saya akan coba merebut semua sabuk," ujarnya.

"Hanya Chatri Sityodtong (CEO ONE Championship) yang memberi saya kesempatan untuk menjadi seorang juara sejati dalam seni bela diri," ungkapnya.

Baca Juga

Belum Jalani Debut

Belum ada kepastian kapan Soldic akan menjalani debut di ONE, tetapi nama-nama besar pemilik sabuk telah menantinya seperti Reinier de Ridder, Kiamrian Abbasov, hingga Ok Rae Yoon.

Terdekat, ONE Championship akan menggelar ONE 160 pada Jumat (26/08/22) yang mempertemukan Ok Rae Yoon dengan Christian Lee. 

Baca Juga

Dua nama ini bisa menjadi lawan potensial bagi Roberto Soldic di ONE Championship pada waktu mendatang. 

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)One Championship

Berita Terkini