3 Atlet Indonesia yang Tersandung Kasus Doping

Kamis, 12 November 2015 09:39 WIB
Penulis: Devi Novitasari | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Dalam olahraga, doping adalah upaya peningkatan prestasi dengan menggunakan zat atau metode yang dilarang dalam olahraga dan tidak terkait dengan indikasi medis. Pelarangan penggunaan doping karena ada ancaman kesehatan atas penggunaan obat peningkat performa, selain itu adalah untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua atlet dan efek olahraga 'bersih' (bebas doping) yang patut dicontoh dalam kehidupan umum.

Sejumlah olahragawan terkenal didunia yang menggunakan doping harus rela melepas gelarnya. Meski di Indonesia belum banyak yang terbukti menggunakan doping, sejumlah atlet harus terpaksa gagal meraih medali akibat terbukti menggunakan doping pada pertandingan. Selain pembatalan juara, pengguna doping bisa terancam tidak dapat mengikuti pertandingan selanjutnya.

Karena berdampak buruk, pengetahuan tentang bahaya doping harus disosialisasikan terutama bagi para atlet Indonesia agar kedepannya jangan sampai hanya karena tidak mengetahui zat apa yang terkandung daam minuman maupun obat yang dikonsumsinya, mereka harus kehilangan kesempatan untuk meraih gelar terbaik bahkan pembatalan kemenangan.

INDOSPORT mencoba merangkum sejumlah atlet Indonesia yang terbukti mengkonsumsi doping dan dampaknya bagi mereka. Ingin tahu siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

8