Mengenal Olahraga Gateball dan Ketum PB Pergatsi yang Hobi Nge-Drum

Minggu, 21 Februari 2016 05:31 WIB
Kontributor: Fajar Kristanto | Editor: Ahmad Priobudiyono
© deka/INDOSPORT
Basuki Hadimuljono unjuk keterampilannya menabuh drum di sela-sela acara pelantikan. Copyright: © deka/INDOSPORT
Basuki Hadimuljono unjuk keterampilannya menabuh drum di sela-sela acara pelantikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (PU-PR) yang merupakan Ketua Umum PB Pergatsi, Basuki Hadimuljono menjadi drumer menghibur tamu-tamu undangan yang merupakan pejabat di lingkungan Pemprov Jatim di Hotel Shangri-La, Surabaya

Pergatsi Jatim di bawah nahkoda Wahid Wahyudi merupakan Pengprov ke-15. Masuknya Jatim membuat olahraga yang dikenalkan di Jepang ini diakui oleh KONI Pusat dan bakal dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat dengan status eksebisi.


Olahraga Gateball pada perkembangannya di Indonesia lebih dulu dikenal di Bali.

Olahraga modifikasi permainan Croquet ini lahir lewat inovasi warga Jepang bernama Suzuki Kazunobu pada 1947 silam.

Dalam tempo 10 tahun, cabang olahraga (cabor) gateball sendiri sudah menjamur di Tanah Air. Di Indonesia, gateball lebih dulu dipopulerkan oleh Bali.

Basuki yang dilantik oleh KONI Pusat menggantikan Ketua Umum PB Pergatsi sebelumnya yang juga Menteri PU, Djoko Kirmanto, medio April 2015 lalu bertekad untuk membuat gateball semakin digemari masyarakat.

Bagaimana cara Basuki mempopulerkan cabor tersebut ditengah kesibukannya sebagai menteri dan hobi nge-drumnya? Berikut perbincangannya dengan INDOSPORT hingga dini hari tadi WIB.