Sport Tourism

Menyibak 'Surga Dunia' Melalui Ajang Balap Sepeda Internasional Tour de Flores 2016

Kamis, 19 Mei 2016 20:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Charles Emanuel Dominggus
© Grafis : Muproni/INDOSPORT-Internet
 Copyright: © Grafis : Muproni/INDOSPORT-Internet

Indonesia kembali menggelar ajang balap sepeda internasional mengambil tempat di Nusa Tenggara Timur. Kejuaraan bertajuk Tour de Flores (TdF) dimulai hari ini, Kamis (19/05/16) hingga 23 Mei mendatang di Pulau Flores.

Sebelum muncul Tour de Flores, Indonesia memiliki ajang balap sepeda tingkat internasional yakni  Tour de Singkarak dan Tour de Ijen.

Kejuaraan tersebut diselenggarakan tak hanya untuk mengedepankan aspek kompetisi semata. Dalam kemasan yang menarik,  kejuaraan balap sepeda itu menjadi momen untuk mendekatkan para pesepeda dengan  potensi wisata yang ada di daerah bersangkutan.  

Melalui publikasi luas dengan kehadiran para jurnalis baik dari dalam maupun manca negara, niscaya potensi pariwisata setempat turut dipromosikan ke tingkat dunia.


Labuan Bajo menjadi salah satu spot menyelam terbaik di dunia.

Setelah Tour de Singkarak dan Tour de Ijen, Pengurus Besar ISSI (Ikan Sport Sepeda Indonesia), dan perwakilan Union Cycliste Internationale (UCI) kemudian menggelar ajang serupa, yakni Tour de Flores (TdF). 

“Sport tourism sangat efektif sebagai sarana untuk mempromosikan daerah tujuan wisata agar lebih dikenal ke mancanegara. Banyak event sport tourism internasional seperti Olimpiade, World Cup, maupun MotoGP diperebutkan banyak negara karena memberikan nilai tambah ekonomi maupun publikasi,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dikutip dari Indonesia.Travel.

Ada ratusan pembalap dari 20 negara siap bersaing menjadi yang terbaik. Rute kejuaraan TdF kali ini akan melewati 5 kota di Pulau Flores yaitu Larantuka, Maumere, Ende, Bajawa, Ruteng, dan Labuan Bajo.


Objek wisata telaga tiga warna Kelimutu menjadi lokasi yang pas untuk olahraga vertical running.

Di setiap pemberhentian atau rute akan diadakan malam kebudayaan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan aspek kebudayaan daerah setempat.

Lantas, apa saja daya tarik wisata Flores yang mampu memikat para peserta TdF kali ini? INDOSPORT coba mengupas potensi dari tiap daerah yang dilalaui selama TdF.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%