In Depth Sports

Dari Suara Hingga Menatap Layar Kaca, Sejarah Siaran Langsung Pertandingan Olahraga (Part I)

Rabu, 28 Desember 2016 14:46 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Pada 2011 lalu, Library of Congress menerbitkan arsip bersejarah dari momen pertandingan olahraga dari masa ke masa. Koleksi yang dipublih mencakup lebih dari 6000 rekaman audio dan siaran televisi hitam putih pertandingan olahraga di era 70-an. 

Suara-suara dari penyiar radio kenamaan saat menyiarkan pertandingan olahraga seperti Mel Allen, Red Barber, Harry Caray, Dizzy Dean, Don Dunphy, Red Grange, hingga Bob Wolff diperdengarkan ke publik. 

"Kehidupan Amerika Serikat di abad ke-20 merupakan radio dan televisi hitam putih dari penyiar profesional olaraga. Ini merupakan koleksi bersejarah bagi perkembangan olahraga," kata pustakawan Libray of Congress, James H Bilington. 

Salah satu koleksi bersejarah live report pertandingan olahraga dimiliki oleh John Miley. Koleksi dari Miley bahkan disebut-sebut sebagai arsip rekaman pertandingan olahraga terlengkap, koleksi Miley diketahui dari pertandingan olahraga di 1920 hingga 1972. 

Jika dahulu pencinta olahraga terdiam di depan kotak kecil yang mengeluarkan suara di udara, kekinian pencinta olahraga yang tak datang ke stadion dimanjakan dengan menatap layar kaca di kotak yang sedikit lebih besar bernama televisi. Bahkan lewat smart phone, pencinta olahraga masih bisa menikmati pertandingan olahraga secara langsung. 

Bagaimana perkembangan siaran langsung pertandingan olahraga dari masa ke masa? Berikut ulasannya untuk pembaca setia INDOSPORT: 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%