In Depth Sports

Dari Suara Hingga Menatap Layar Kaca, Sejarah Siaran Langsung Pertandingan Olahraga (Part I)

Rabu, 28 Desember 2016 14:46 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:
Dari London ke seluruh dunia

Pada 1929, saluran British Broadcasting Corporation (BBC) yang berpusat di London, Inggris melakukan siaran televisi perdana menggunakan alat yang ditemukan pria kelahiran Skotlandia, John Logie Baird. 

Tujuh tahun kemudian, pertandingan sepakbola pertama kali disiarkan televisi. Arsenal jadi klub pertama yang mendapat kesempatan masuk layar kaca. Kala itu skuat inti Arsenal melawan skuat cadangan disiarkan televisi BBC, pertandingan berlangsung di Stadion Higbury, London. 

Selang setahun, BBC kembali menayangkan pertandingan final Piala FA antara Huddersfield Town versus Preston North End. Yang jadi menarik, jika kekinian pertandingan sepakbola dinikmati teknologi kamera seperti SpydrCam, bagaimana teknologi awal kamera saat siara langsung pertama pertandingan sepakbola? 

Pada 1885, George Eastman seorang penemu dari Amerika Serikat memproduksi roll film pertama. Ia juga yang menemukan Kodak Kamera yaitu kamera pertama yang menggunakan roll film, jenis kamera ini diproduksi pada 1888. 

Beberapa tahun kemudian tepatnya pada 1895, temuan dari Eastman disempurnakan seorang Prancis, Auguste Lumire. Lumire menemukan kamera film untuk bisa diproyeksikan ke layar lebar. Di kisaran tahun tersebut banyak produksi film yang diciptakan oleh Lumire. 

BBC saat pertama menyiarkan pertandingan Arsenal menggunakan sistem 405 line monokrom analog yaitu sisitem televisi elektronik yang digunakan dalam penyiaran televisi secara reguler. 

Satu tahun sebelum pertandingan sepakbola disiarkan televsi, BBC meninggalkan sistem Baird demi mendapat sistem 405 line, sistem yang dikembangkan oleh perusahaan Electric and Musical Industries (EMI). Ini kemudian menjadi standar untuk semua televisi di Inggris sampai era 60-an. 

Sistem 405 line yang dikembangkan EMI telah melalui banyak eksperimen. Sistem 405 line disebut memiliki kualitas gambar yang sempurna untuk menyiarkan pertandingan sepakbola. 

Pada perhelatan Olimpiade ke-14 pada 1948 yang berlangsung di London, BBC seperti dilansir dari tvcameramuseum.org menggunakan tiga jenis kamera untuk menyiarkan pertandiangan di arena Olimpiade. 

Jenis kamera yang digunakan ialah ialah Emitron 1937, kamera jenis 1.937 super Emitron, dan CPS Emitron 1948. Kamera jenis The Emitron memiliki rupa leher pendek berbentuk tabung. 

"Jenis kamera-kamera tua yang digunakan dalam stadion ini memerlukan lebih banyak cahaya untuk pengoperasian," tulis BBC. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%