7 Pemilik Klub Olahraga Terkaya di Dunia

Kamis, 4 Mei 2017 17:32 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Steve Ballmer, Roman Abramovich, dan Mukesh Ambani. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Steve Ballmer, Roman Abramovich, dan Mukesh Ambani.

Menjadi atlet megabintang di arena olahraga terpopuler dunia menjadi jaminan bagi atlet tersebut untuk meraup banyak keuntungan finansial. Selain bayaran dari tim, hadiah kejuaraan, hingga sponsor, dan didapuk sebagai bintang iklan juga menjadi salah satu sumber utama penghasilan para atlet ini.

Maka tak jarang mereka juga masuk dalam daftar tokoh-tokoh terkaya dan berpengaruh di dunia. Sebut saja Cristiano Ronaldo yang ditetapkan Forbes sebagai atlet dengan bayaran tertinggi pada 2016 lalu. Total ia mengumpulkan 88 juta dolar AS dari jumlah bayaran dan endorsement.

Namun tentu saja, para pemilik klub-klub olahraga inilah yang meraih keuntungan paling besar dalam bisnis olahraga. Memiliki klub olahraga menjadi salah satu cara menguntungkan untuk menambah pundi-pundi para pebisnis kelas dunia. Semakin tingginya biaya hak siaran televisi kepada klub-klub ini membuat semakin banyak pula pebisnis yang tertarik untuk membeli klub olahraga. 

Para pemilik klub ini umumnya sudah berstatus miliuner jauh sebelum terjun di bisnis olahraga. Dari data yang dilansir Forbes, kini ada 81 klub olahraga di dunia yang memiliki nilai setidaknya 1 miliar dolar AS, atau sekitar 13,3 triliun rupiah.

Berikut INDOSPORT rangkum tujuh pemilik klub olahraga terkaya di dunia versi majalah Forbes.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
75%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%