Papua Bangun 5 Venue Baru untuk PON di Tahun Ini

Jumat, 19 Januari 2018 15:03 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON). Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON).

Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno, di Jayapura mengungkapkan rencana pembangunan lima venue untuk gelaran PON yang akan berlangsung 2020 mendatang. Pembangunan lima venue, yakni kolam renang, istora, fasilitas balap sepeda di Kampung Harapan bersebelahan dengan stadion utama kemudian di Doyo akan dibangun kriket dan hoki rencananya akan dimulai pada tahun ini.

"Ini adalah dukungan anggaran dari pemerintah pusat untuk proses penyiapan tempat pertandingan di Bumi Cenderawasih nanti, di mana 2016-2017 Pemprov Papua sudah melakukan langkah perencanaan untuk penyiapan tempat pertandingan atau venue yang rencananya mayoritas adalah di Kota dan Kabupaten Jayapura juga melibatkan Wamena, Timika, Biak dan Merauke," ujar Suwarno seperti dilansir dari Antara.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/WikipediaLogo Pekan Olahraga Nasional (PON).

Papua memang merencanakan tahun 2018 sebagai tahun pembangunan dan rehabilitasi sehingga diharapkan beberapa venue seperti lapangan tembak kemudian panahan dan beberapa pembangunan seperti lapangan voli, tenis dan lain sebagainya akan dikerjakan pada 2018 ini.

"Mudah-mudahan semua perencanaan ini akan sinkron dan sejalan dengan yang direncanakan sehingga 2019 tinggal rehab-rehab yang kurang," tambahnya.

Papua juga akan menjadi tuan rumah ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) pada 2019 mendatang. Sehingga, jika pembangunan venue tersebut selesai tahun ini maka juga akan digunakan sebagai tempat bertanding yang disiapkan untuk pelaksanaan PON sekalian.

"Sedangkan APBD Papua fokus juga untuk menyiapkan stadion utama yang digunakan untuk pembukaan dan penutupan, yang sekarang sudah siap di Timika ada lapangan golf, untuk atletik, basket dan ditambah fasilitas tempat bertanding futsal, mudah-mudahan ini semua akan lancar," tutup Suwarno.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%