Profil Negara Asian Games 2018: Malaysia

Kamis, 26 Juli 2018 15:14 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport.com
Profil Malaysia di Asian Games 2018. Copyright: © Indosport.com
Profil Malaysia di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Pesta olahraga se-Asia memang tinggal menghitung hari. Tak terkecuali bagi Malaysia yang tak akan tertinggal dalam event Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus mendatang.

Perhelatan Asian Games kali ini menjadi ajang ke-17 bagi Malaysia berpartisipasi dalam pesta olahraga se-Asia ini. Malaysia sudah ambil bagian sejak Asian Games kedua yang berlangsung di Manila, Filipina tahun 1954 silam. 

Dari ke-17 kali keikutsertaannya, Malaysia sempat menorehkan prestasi terbaik mereka di ajang Asian Games yakni saat Asian Games berlangsung di Bangkok, Thailand.

Saat itu, Malaysia berhasil menempati peringkat empat klasemen akhir dengan torehan 7 medali emas, 5 perak, dan 6 perunggu. Namun prestasi ini belum terulang kembali.

Bahkan saat Asian Games 2014 lalu yang berlangsung di Incheon Korea Selatan, kontingen Malaysia hanya menempati peringkat 14. Tak pelak Asian Games kali ini, Malaysia berupaya memperbaiki peringkat mereka.

Untuk meraih prestasi terbaik di Jakarta dan Palembang, Malaysia pun hanya akan mengirim atlet terbaiknya yang akan berlaga di Indonesia. Ya, Malaysia dengan ketat melakukan seleksi untuk kriteria yang atet yang akan mendulang medali di Asian Games di Indonesia.