In-depth

Asian Games 1962, Pintu Gerbang Kepercayaan Dunia Olahraga kepada Indonesia

Jumat, 3 Agustus 2018 15:31 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Logo Asian Games 1962. Copyright: © INDOSPORT
Logo Asian Games 1962.

INDOSPORT.COM - Indonesia sudah dan akan menjadi tuan rumah event olahraga kelas dunia. Dan Asian Games 1962 menjadi awal dari semuanya. 

Indonesia untuk kedua kalinya dipercaya menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asia, Asian Games. Asian Games 2018 menjadi kesempatan kedua yang diberikan kepada Indonesia setelah Asian Games 1962

Dan Asian Games 1962 adalah awal dari kepercayaan dunia olahraga kepada Indonesia. Dimulai dengan pemilihan tuan rumah pada tahun 1958, Indonesia mengungguli Karachi, Pakistan, sebagai calon tuan rumah. 

Selanjutnya persiapan dilakukan Indonesia dibawah komando Presiden Soekaro. Venue dan infrastruktur megah dibangun di kawasan Senayan. Stadion Utama Gelora Bugn Karno, Stadion renand, Stadion Tenis Stadion Madya, Hall Basket, dll berdiri megah. 

Presiden Soekarno juga memerintahkan untuk dibentuknya stasiun televisi TVRI untuk menyiarkan semarak, euforia, dan pertandingan Asian Games 1962 ke seluruh Indonesia. 

Setelah dibuka pada 24 Agustus 1962 dan berakhir pada 4 September 1962, penyelenggaraan berlangsung sukses dan melahirkan Jepang sebagai juara umum dan Indonesia sebagai runner-up. Kesuksesan Indonesia menggelar Asian Games 1962 itulah yang membuka mata dunia bahwa negara berkembang seperti Indonesia mampu menggelar event olahraga besar sekelas Asian Games. 

Dan setelah Asian Games 1962, Indonesia selanjutnya beberapa kali dipercaya menjadi tuan rumah event olahraga antar negara. 

3