China Luncurkan Logo Resmi Asian Games 2022

Rabu, 8 Agustus 2018 20:07 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Wikipedia
Logo Asian Games 2022 di Hangzhou, China Copyright: © Wikipedia
Logo Asian Games 2022 di Hangzhou, China

INDOSPORT.COMAsian Games 2018 Jakarta-Palembang baru akan bergulir mulai 18 Agustus mendatang. Namun demikian, China sebagai tuan rumah selanjutnya telah meluncurkan logo resmi Asian Games 2022.

Dilansir dari Inside The Games, China mengumumkan logo resmi pesta olahraga terbesar di Asia tersebut dalam upacara khusus yang dihelat di kantor pusat Hangzhou Culture Radio Television Group.

Logo Asian Games 2022 Hangzhou memiliki tema “Surging Tides” yang bermakna arus bergelombang. Logo tersebut terdiri atas enam elemen, meliputi sebuah kipas China, Sungai Qiantang, arus pasang-surut, lintasan lari, ikon internet, dan ikon Dewan Olimpiade Asia (OCA) bergambar matahari.

Logo tersebut merepresentasikan kebesaran dari sosialisme yang menjadi momentum bersatu bagi rakyat China di era baru dan memperlihatkan persatuan, solidaritas, serta perkembangan OCA.

“Logo ini menjadi wujud karakter kami dan spirit olimpiade,” ujar Xu Liyi selaku Wali Kota Hangzhou.

“Tanpa disadari, logo tersebut juga menggarisbawahi warisan dan keberagaman yang dimiliki oleh Hangzhou sebagai tuan rumah. Logo itu mengekspresikan aspirasi masyarakat dalam menyukseskan Asian Games dan membangun jaringan di masa depan bagi Asia dan peradaban.”

“Logo Asian Games 2022 Hangzhou akan disukai dan diingat, serta menambah kebanggaan terhadap semangat olimpiade di Asia dan dunia,” tambahnya.

Senior Wakil Presiden OCA, Timoty Fok, turut membacakan pesan dari Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, pada acara peluncuran logo tersebut.

Ahmad Al-Fahad berharap logo Asian Games 2022 dapat diterima oleh masyarakat China, Asia, dan dunia. OCA optimis penyelenggaraan Asian Games ke-19 di Hangzhou akan berjalan sukses.

Hangzhou 2022 langsung menerima 4.263 proposal setelah mengumumkan kompetisi sayembara logo pada bulan Januari. Profesor Yuan Youmin dari China Academy of Art akhirnya berhasil keluar sebagai pemenangnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT

1