Profil Negara Asian Games 2018: Kyrgyzstan

Rabu, 15 Agustus 2018 14:47 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport.com
Kyrgyzstan di Asian Games 2018. Copyright: © Indosport.com
Kyrgyzstan di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Dalam sejarah Asian Games, nama Kyrgyzstan memang belum banyak terdengar. Kyrgyzstan memang baru memulai debut Asian Games-nya pada tahun 1994 di Hiroshima.

Sejauh ini, penampilan terbaik Kyrgyzstan adalah pada Asian Games 2002 di Busan dengan mengumpulkan 1 emas, 5 perak, dan 6 perunggu. Sementara pada Asian Games 2014 tahun lalu di Incheon, mereka hanya berhasil mengantongi 2 perak dan 4 perunggu.

Sampai tahun ini, Kyrgyzstan baru mengikuti Asian Games sebanyak 8 kali. Namun, bukan berarti negara ini bisa disepelekan karena federasi olahraga negara tersebut tampaknya getol mengikutsertakan atletnya dalam beberapa kompetisi belakangan ini.

© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Mengenal maskot Asian Games 2018. Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORTMengenal maskot Asian Games 2018.

Selain persiapan fisik, semangat mental bisa jadi modal utama dari tim Kyrgyzstan. Tim dan atlet yang ikut kompetisi Asian Games 2018 ini beberapa telah meraih medali dari kompetisi lainnya, seperti misalnya atlet gulat yang telah meraih total 4 medali dalam The 31st Asian Championship yang digelar bulan Februari lalu.

Diperkirakan, tim Kyrgyzstan yang akan berpartisipasi dalam Asian Games adalah sekitar 100 orang. Tim tersebut terbagi dalam beberapa cabang olahraga antara lain gulat, sepakbola, angkat besi, basket, tinju, judo, dan voli.