Sudah Jadi Warga Uzbekistan, Pesepeda Rusia Ini Mundur dari Asian Games 2018

Kamis, 23 Agustus 2018 15:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Twitter/RSA
Olga Zabelinskaya, Atlet balap sepeda Uzbekistan asal Rusia yang gagal tampil di Asian Games 2018 Copyright: © Twitter/RSA
Olga Zabelinskaya, Atlet balap sepeda Uzbekistan asal Rusia yang gagal tampil di Asian Games 2018

INDOSPORT.com – Kontingen Uzbekistan rupanya kehilangan salah satu atlet kebanggannya di Asian Games 2018 setelah seorang atlet balap sepeda menyatakan mundur dari turnamen tersebut lantaran tidak bisa pindah kewarganegaraan.

Atlet balap sepeda asal Rusia, Olga Zabelinskaya, ditolak pengajuan ganti kewarganegaraan karena dianggap tidak memenuhi syarat untuk bertanding di Jakarta dan Palembang.

Sebuah surat resmi telah disetujui yang menegaskan tidak akan mengijinkan Zabelinskaya mewakili Uzbekistan.

Padahal peraih medali Olimpiade tiga kali itu belum lama ini mengumumkan rencana pindah kewarganegaraan agar bisa bertanding di Olimpiade 2020 Tokyo. Keputusan itu dibuatnya mengingat ada ancaman larangan bertanding terkait dengan krisis doping di Rusia.

Dan setelah menjadi warga Uzbekistan, ia berharap bisa bersaing di Indonesia untuk Uzbekistan, namun Dewan Olimpiade Asia (OCA) bersama dengan Komite Olimpiade Nasional Republik Uzbekistan tidak mengijinkan hal tersebut.

“Oleh karena itu, OCA menyatakan dia (Zabelinskaya) tidak memenuhi syarat untuk mewakili Uzbekistan dalam Asian Games Jakarta-Palembang ke-18,” demikian pernyataan OCA dilansir Inside The Game.

Tidak hanya itu saja, menurut peraturan International Cycling Union (UCI), perubahan kewarganegaraan Zabelinskaya akan membuatnya tidak memenuhi syarat untuk Kejuaraan Dunia pada 2018 dan 2019.

Seperti dilansir oleh Sports Integrity Initiative, di bawah peraturan UCI, atlet sepeda yang mengubah kewarganegaraan tidak memenuhi syarat untuk Kejuaraan Dunia selama dua tahun.

Pesepeda berusia 38 tahun itu memang sedang bernasib sial, setelah sebelumnya juga hampir diblokir dari balapan di Olimpiade Rio 2016, dimana dirinya menyabet medali perak lantaran adanya sanksi doping.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%