Meski Sempat Kecewa, Kini OCA Puji Indonesia Setinggi Langit

Kamis, 30 Agustus 2018 00:23 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Logo Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Logo Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Perhelatan Asian Games 2018 sebentar lagi akan segera berakhir. Namun Indonesia selaku tuan rumah terus mendapat pujian.

Kali ini pujian datang terkait kesehatan untuk para atlet yang bertanding di ajang empat tahunan ini. Ya, para atlet memang sangat dijamin akan kesehatan dan keselamatannya.

Bahkan untuk masalah kesehatan, makanan untuk para atlet pun sangat diperhatikan.  Tak tanggung-tanggung, makanan para atlet dilakukan pengecekan sebelum disajikan. Hal ini seperti diutarakan oleh kepala bidang kesehatan INASGOC, dr Bambang Wibowo Sp.Og.

"Pengawasan makanan selama event kita inspeksi 3x sehari. Lalu ada rapid test sample juga sebelum kita siapkan ke para atlet," ucap Bambang.

Dengan ketatnya pengawasan ini, Indonesia pun mendapat pujian dari Olimpic Council of Asia (OCA). Chairman of medical services dan doping control OCA, dr Jegathesan mengaku puas dengan servis yang diberikan Indonesia untuk para atlet.

"Pihak kami sangat puas hati atas semua keperluan dan kemudahan yang telah disiapkan untuk memajukan atau pun menyukseskan Asian Games. Di momen ini sudah dijelaskan detilnya ada 3 aspek, kami ingin memastikan bahwa kesehatan OCA untuk atlet dan semua sudah sesuai standar kami," ucap Jegathesan.

"Contoh saat di Paralayang ada beberapa insiden dan responnya sangat cepat khususnya dalam penggunaan ambulan, dan ada dokter terbaik yang menangani mereka jadi atlet sudah ditangani dengan baik."

"Sementara di venue maupun di wisma, tanggung jawab untuk memastikan makanan yang sehat, air bersih, dan tak ada penyakit menyebar, juga sudah dilihat. Emergency ini berjalan dengan baik, dan dari OCA saya ingin mengapresiasi bidang kesehatan sejauh ini," tutup dia.

Sebelumnya, OCA sempat kecewa dengan jumlah penonton yang sepi di pertandingan Asian Games 2018. OCA pun langsung melayangkan keluhan itu kepada Ketua INASGOC, Erick Thohir. Meski begitu, kini OCA tidak malu untuk memberikan pujian kepada Indonesia.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT