Korea Bersatu Siapkan Tim untuk Asian Para Games 2018

Rabu, 19 September 2018 20:08 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Korea Selatan dan Korea Utara berencana untuk kembali ‘bergandengan tangan’di Asian Para Games 2018 yang akan digelar Oktober mendatang di Indonesia. Sejauh ini, kedua negara belum pernah tampil bersama dalam ajang multi-sport difabel.

Untuk Asian Para Games 2018 nanti, Korea Bersatu rencananya akan berada di satu tim dalam cabang olahraga tenis meja dan renang. Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Paralimpik Korea Selatan, Lee Myung-ho.

“Kami berencana bergabung dalam satu tim yang sama untuk cabor tenis meja dan renang. Kami telah mendiskusikan hal ini dengan Korea Utara. Keputusan akan segera diambil saat Kompite Paralimpik Asia telah mengumumkan status kepersertaan,” kata Lee seperti dikutip dari The Korea Herald.

Selain itu, Lee juga mengungkapkan bahwa Korea Bersatu akan berjalan bersama saat parade upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Jakarta pada 8 Oktober mendatang.

Sebelumnya, kedua negara yang masih berkonflik tersebut pernah merencanakan parade bersama saat ajang Paralimpik 2018 di Pyeongchang beberapa bulan lalu. Akan tetapi, rencana tersebut tidak dapat terlaksana lantaran kedua belah pihak tidak berhasil meraih kesepakatan.

Berdasarkan laporan The Korea Herald, para atlet para games Korea Bersatu sudah melakukan latihan bersama di Beijing pada 3 sampai dengan 6 September lalu. Untuk cabor tenis meja di Asian Para Games 2018, Korea Bersatu berencana tampil di nomor ganda dan beregu.

“Korea Utara akan mengirim Kim Yong-rok dan Park Kum-jin. Jika kami jadi maju bersama, mereka akan bermain bersama pemain kami,” ujar pelatih tenis meja Korea Selatan, Moon Chang-joo.

Sementara itu, untuk cabor renang, Korea Bersatu berencana untuk mengikuti nomor medley campuran. Meski demikian, pihak Korea Utara sendiri belum mengumumkan nama atlet yang akan menjadi wakilnya.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Serba-serbi Asian Para Games 2018 Hanya di INDOSPORT.

1