Ojek Ramah Disabilitas untuk Asian Para Games 2018 Menuai Tanggapan Positif

Sabtu, 6 Oktober 2018 18:25 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Media INAPGOC
Ojek disabilitas untuk Asian Para Games 2018. Copyright: © Media INAPGOC
Ojek disabilitas untuk Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM – Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para penyandang disabilitas. INAPGOC saat ini menyediakan transportasi khusus, ojak roda tiga untuk digunakan oleh mereka yang ingin menyaksikan Asian Para Games 2018.

Perhelatan Asian Para Games 2018 sudah mulai bergulir pada Sabtu (06/10/18). Di hari yang sama, pesta olahraga khusus disabilitas itu juga akan dibuka di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada malam harinya.

Dalam menyukseskan Asian Para Games 2018, INAPGOC selaku panitia penyelenggara membuat sebuah terobosan gemilang. Mereka melibatkan penyandang disabilitas yang memiliki sepeda motor beroda tiga.

Dikatakan oleh Direktur Transportasi INAPGOC, Adrianto Djokosoetono, mereka akan dijadikan sebagai ojek untuk menampung dan melayani para pengunjung yang juga disabilitas, khususnya menggunakan kursi roda.

"Asian Para Games ini pesta olahraga bagi saudara-saudara disabilitas, untuk itu bukan hanya atlet maupun ofisial yang terlibat,” ujar Adrianto seperti dikutip dari Antara.

“Namun, masyarakat biasa penyandang disabilitas, kita libatkan juga secara aktif untuk lebih merasakan atmosfir pesta olahraga ini, termasuk para pengunjung atau penonton disabilitas," kata Adrianto Djokosoetono dalam keterangan resminya.

Tak tanggung-tanggung, hingga saat ini INAPGOC telah menyediakan 40 motor dengan modifikasi khusus milik individu penyandang disabilitas. Tidak hanya dari Jakarta, panitia juga mendatangkan dari luar daerah, yakni Yogyakarta sebanyak 10 kendaraan.

Tak hanya itu, INAPGOC juga menyediakan shuttle khusus difabel yang bisa digunakan oleh para pengunjuk di kawasan GBK sejak pembukaan hingga ajang ini rampung.

"Kebetulan saudara kita yang di Yogyakarta memang sudah memiliki layanan khusus ojek disabilitas, sehingga kita undang mereka ke Jakarta untuk turut berpartisipasi," tambahnya.

"Pengunjung disabilitas memiliki parkir khusus di area GBK ini. Di situ pula nanti akan ada shuttle bagi mereka yang ingin merasakan jasa pengantaran dari kendaraan modifikasi khusus ini ke venue-venue yang ada dikawasan GBK. Fasilitas ini free untuk pengunjung," kata Adrianto menjelaskan.