Rahasia Panjang Umur Ala Manula Jepang

Kamis, 11 Oktober 2018 17:57 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Japan Times
Petinggi Asosiasi Senam Jepang, Mitsuo dan Chieko Tsukahara Copyright: © Japan Times
Petinggi Asosiasi Senam Jepang, Mitsuo dan Chieko Tsukahara

INDOSPORT.COM - Seperti sebuah keajaiban, baik wanita ataupun pria, masyarakat Jepang memang terkenal mempunyai kondisi tubuh dan muka yang tampak awet muda di usia yang sudah lanjut.

Selain itu, pola gaya hidup masyarakat Jepang juga menjadi panutan dan contoh untuk seluruh negara di dunia. Tradisi makan makanan yang sehat, metode masak yang higienis, serta rutin berolahraga pun sudah menjadi kebiasaan.

Hal di atas merupakan salah satu faktor penyebab yang membuat para orang tua dan manula Jepang selalu awet muda. Namun, di sisi lain, ada rahasia khusus yang rajin dilakukan oleh masyarakat Jepang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut INDOSPORT coba ungkap rahasia orang tua dan manusia lanjut usia (manula) Jepang untuk tetap awet muda.

Rahasia awet muda ala para tetua Jepang ialah menjadikan pergi ke gym sebagai hobi. Rata-rata mereka pergi ke Gym selama dua jam dengan intensitas tiga kali per minggunya.

Kebiasaan ini diungkap oleh salah satu masyarakat Jepang yang dilansir oleh Independent.

Para orang tua Jepang memulai kebiasaan berlatih ke gym secara rutin mulai dari usia 60 tahun. Hal ini dilakukan mereka untuk mencegah penuaan secara dini.

Selain pergi ke gym, manula di Jepang juga membiasakan diri untuk melakukan sedikit latihan otot dan berjalan cepat.

Bersosialisasi di gym dengan yang seusia juga merupakan salah satu rahasia para manula Jepang untuk memperpanjang umur. Di setiap tempat latihan atau gym, banyak anggota yang sudah lansia berbincang satu sama lain ketika menyelesaikan latihan.

Bahkan menariknya menurut Japan Times, tempat kebugaran atau gym didominasi oleh para orang tua dan lansia.

Ikuti Terus Perkembangan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM