Selain Atlet Asian Para Games, Guide Dapat Bonus Melimpah

Jumat, 12 Oktober 2018 05:20 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Abdul Halim Dalimunthe mengalahkan pelari asal China yang merupakan unggulan pertama di Asian Para Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Abdul Halim Dalimunthe mengalahkan pelari asal China yang merupakan unggulan pertama di Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM - Pemandu (guide) atlet disabilitas Indonesia juga akan diguyur bonus melimpah oleh pemerintah. Karena tugas mereka juga begitu penting untuk para atlet tunanetra yang berlaga di Asian Para Games 2018.

Karena baru-baru ini pemandu lari (guide runner) Ahmad Azlan menjadi bagian dari kunci kemenangan atlet disabilitas Indonesia Abdul Halim Dalimunte meraih perak 100 meter T11 putra..

"Jadi guide runner dalam konteks kapasitasnya tetap mendapatkan bonus. Mereka seperti asisten pelatih pada umumnya. Karena kekuatannya hampir sama dengan atlet aslinya," terang Sekretaris Kementerian Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S. Dewabroto di Jakarta, Kamis (11/10/18).

Dirinya juga menambahkan kalau pada intinya mereka juga akan dapat penghargaan sekaligus medali. Sehingga keringat mereka tetap terbayarkan.

Bahkan Menpora Imam Nahrawi juga akan menjelaskan apa yang akan didapat para pemandu atlet disabilitas Indonesia. Mengingat peran mereka yang juga mengharumkan nama bangsa di dunia olahraga internasional

"Secara resmi akan saya umumkan seperti apa besaran bonusnya nanti," ucap Imam Nahrawi secara terpisah.

Di sisi lain, kecepatan seorang guide runner harus jauh lebih cepat dari pelari utamanya. Hal itu untuk membantu sang atlet berlari mengeluarkan kemampuan maksimalnya.

"Kalau kecepatannya sama, waktu terbaiknya tak akan dapat. Saya itu kan (perannya) menarik (Halim), jadi harus lebih cepat," papar Azlan.

Ikuti terus berita seputar Asian Para Games 2018 dan Berita Sport lainnya hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%