Komunitas Sehat

Tak Sampai 1 Jam, Ini 4 Manfaat Menakjubkan dari Jalan Kaki

Sabtu, 17 November 2018 10:10 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© VideoBlocks
Jalan kaki merupakan salah satu bagian dari olahraga. Copyright: © VideoBlocks
Jalan kaki merupakan salah satu bagian dari olahraga.

INDOSPORT.COM - Pada kenyataannya, berjalan kaki itu bagian dari olahraga simpel, mudah, murah, dan sederhana yang dapat Anda lakukan, dimana pun dan kapanpun.

Anda bangun dari tempat tidur, menuju ke kamar mandi, kendaraan, lalu dari tempat parkiran, atau tempat Anda turun dari kendaraan umum kemudian berjalan ke kantor juga sudah jalan kaki.

Kelihatannya memang terlihat sepele, namun faktanya berjalan kaki mempunyai banyak manfaat, apalagi jika Anda melakukannya selama setengah jam atau 30 menit dalam satu hari.

Apa sajakah manfaatnya itu? Berikut INDOSPORT mengulasnya sesuai dilansir dari HS:

Menghambat Resiko Terkena Penyakit Kronis

© Diabetes Alert
Contoh alat pengukur Gula darah. Copyright: Diabetes AlertContoh alat pengukur Gula darah.

The American Diabetes Association mengatakan jika berjalan kaki bisa menurunkan kadar gula darah serta risiko terkena penyakit diabetes.

Tak hanya itu, peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee juga menemukan fakta jika berjalan kaki rutin setiap hari dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko stroke sebesar 20 sampai 40 persen.

Bahkan penelitian yang dirilis dalam New England Journal of Medicine di tahun 2002 mendapatkan fakta jika orang yang berjalan kaki selama 30 menit per hari atau menjalankan aktivitas fisik dengan intensitas sedang dalam waktu 5 hari setiap pekannya mempunyai risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah daripada yang tidak berjalan kaki.

Memperkuat Otot Betis dan Paha

© Muscle & Fitness
Contoh otot paha dari Cristiano Ronaldo. Copyright: Muscle & FitnessContoh otot paha dari Cristiano Ronaldo.

Manfaat lain dari berjalan kaki selama 30 menit setiap hari lainnya adalah bisa menguatkan otot betis dan paha Anda.

Bukannya terlihat bergelambir karena ada lemak, latihan ini dapat membuat penampilan Anda lebih menarik karena otot yang mengencang.

Menambah latihan kekuatan seperti lunges atau squat bahkan bisa membuat tampilan pada otot betis dan paha Anda semakin menarik.

Sejumlah manfaat ini dapat Anda raih hanya dengan berjalan kaki 30 menit sehari. Menarik bukan?