Komunitas Sehat

Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan dalam Olahraga

Rabu, 21 November 2018 17:47 WIB
Penulis: Tegar Herdiansyah Putra | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Active
Warming up and cooling down session. Copyright: © Active
Warming up and cooling down session.

INDOSPORT.COM - Hidup sehat berawal dari diri kita sendiri. Pola hidup sehat yaitu dengan cara mengonsumsi 4 sehat dan 5 sempurna. Sempatkan juga berolahraga minimal 2 kali dalam satu pekan. Olahraga yang dilakukan bisa apa saja, seperti bersepeda, jogging, gym dan lain lain.

Sebelum berolahraga sebaiknya kita melakukan pemanasan terlebih dulu agar badan tidak tegang. Tujuan dari pemanasan atau warming up berguna untuk mengurangi risiko kram otot, atau cedera otot pada saat melakukan olahraga.

Pemanasan dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan terlebih dahulu, seperti berlari-lari kecil, stretching, dan sebagainya. Biasanya warming up dilakukan tidak lama hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja dan dilanjutkan ke olahraga yang sesungguhnya.

Menurut ahli fisioterapi Mark Todma, pemanasan atau warming up sangat penting sebelum berolahraga karena olahraga sangat sering melibatkan kerja otot dan sendi. Banyak orang yang mengabaikan pemanasan. Padahal bila pemanasan tidak dilakukan dengan benar akan mengakibatkan cedera otot dan sendi yang berkepanjangan.

Manfaat pemanasan sendiri adalah otot-otot dan sendi tidak akan terkejut, akibat gerak tubuh ketika melakukan olahraga berat.

Setelah olahraga dianjurkan juga untuk melakukan pendinginan atau biasa yang disebut cooling down yang berguna untuk menetralkan kinerja otot dan sendi yang tadinya cepat, kemudian mulai melambat dan akhirnya berhenti.

Pendinginan dapat dilakukan dengan menggerak-gerakkan bagian paha, betis, bahu dan bagian lainnya selama 2 menit. Hal ini sebenarnya sama saja dengan pemanasan, hanya temponya saja yang berbeda.

Manfaat pendinginan adalah setelah berolahraga mencegah otot nyeri dan membantu tubuh menjadi lebih segar dari sebelumnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%