Gubernur Jatim: Gerak Jalan Itu Cara Hargai Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan

Minggu, 2 Desember 2018 08:05 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT.COM
Gubernur Jawa Timur Soekarwo Buka Lomba Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2018. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT.COM
Gubernur Jawa Timur Soekarwo Buka Lomba Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2018.

INDOSPORT.COM - Gerak jalan perjuangan Mojokerto Surabaya pada Sabtu (01/12/18) resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Lapangan Surodinawan, Kota Mojokerto.

Saat membuka lomba gerak jalan itu gubernur yang juga akrab disapa Pakde Karwo menyampaikan beberapa pesan kepada para peserta.

Seperti lomba gerak jalan perjuangan Mojokerto Surabaya hendaknya tidak melihat dari kompetisi saja lantaran ada hadiah yang sudah dipersiapkan oleh panitia.

Namun lebih dari itu, lomba gerak jalan perjuangan Mojokerto Surabaya diharapkan mampu menumbuhkan semangat kepahlawanan dalam diri masing - masing peserta.

© Fitra Herdian/INDOSPORT.COM
Gubernur Jawa Timur Soekarwo Buka Lomba Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2018. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORT.COMGerak Jalan Perjuangan Mojokerto dianggap bisa menjadi sarana mengajarkan kerja sama dan gotong royong.

"Saya berharap semua peserta tidak hanya berkompetisi saja. Melainkan gerak jalan perjuangan Mojokerto Surabaya harus benar-benar dimaknai secara mendalam."

"Semuanya harus tahu jika dulu para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan mempertahankan Surabaya penuh darah dan perjuangan."

© Fitra Herdian/INDOSPORT.COM
Gubernur Jawa Timur Soekarwo Buka Lomba Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2018. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORT.COMGubernur Jawa Timur Soekarwo meminta pesera lomba gerak jalan memaknai perjuangan pahlawan kemerdekaan.

"Sejumlah pahlawan itu harus rela jalan kaki dari Mojokerto ke Surabaya untuk melawan penjajah agar kita merdeka," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Pakde Karwo juga mengatakan dengan diadakannya gerak jalan perjuangan Mojokerto Surabaya, ada sejumlah nilai-nilai gotong royong yang sudah mulai terkikis.

"Sekarang di era teknologi yang semakin berkembang pesat membuat kita lupa dengan ayah, ibu, anak dan guru. Jadi dengan gerak jalan ini ada nilai gotong royong dan juga musyawarah untuk mencapai satu tujuan," ungkapnya.

Tak lupa Pakde Karwo berpesan kepada sejumlah peserta gerak jalan perjuangan Mojokerto Surabaya untuk semangat selama perlombaan ini di mulai. Dia juga mengingatkan kepada peserta agar selalu menjaga sesama anggotanya saat perlombaan berlangsung.

Terus Ikuti Update Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM