Teknologi Ini Bikin Stadion Papua Bangkit Diklaim Lebih Bagus dari GBK

Minggu, 9 Desember 2018 14:22 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Sudjarwo/INDOSPORT
Kondisi terkini dari Stadion Papua Bangkit yang tengah dibangun. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Kondisi terkini dari Stadion Papua Bangkit yang tengah dibangun.

INDOSPORT.COM - Pembangunan Stadion Utama Papua Bangkit di Kabupaten Jayapura telah mendekati selesai dengan progres yang sudah mencapai 91 persen. Stadion megah pertama di Papua ini ternyata punya keunggulan yang tidak dimiliki oleh stadion lain di Indonesia bahkan diklaim dilengkapi teknologi lebih bagus dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Hal ini diungkapkan Site Engineering Manager PT PP Tbk, Dolly Abu Zain ketika ditanya sejumlah wartawan terkait apa saja keistimewaan Stadion Papua Bangkit, Sabtu kemarin (08/12/18).

Dolly menjelaskan, pembangunan Stadion Papua Bangkit yang melibatkan kurang lebih 900 pekerja ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Stadion lain di Indonesia. Mulai dari lampu LED Stadion, track sintetik lintasan atletik hingga timing system (papan skor).

"Kalau jenis lampu LED-nya ini jenis paling baru dan lebih bagus dari milik Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan baru pertama kali digunakan di Indonesia. Kalau cahaya lampunya menyorot tidak kelihatan bayangan," jelasnya.

Sementara itu, Dolly menjelaskan track sintetis yang nantinya akan digunakan pada lintasan atletik berstandar IAAF (asosiasi federasi atletik internasional) kelas 1, rumput yang bagus dengan jenis Zoysia Matrella dan akses kontrol yang juga lebih bagus. 

© Sudjarwo/INDOSPORT
Kondisi terkini dari Stadion Papua Bangkit yang tengah dibangun. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTKondisi terkini dari Stadion Papua Bangkit yang tengah dibangun.

"Timing system yang kita pasang juga bisa dipakai untuk even sekelas olimpiade. Kalau kelasnya GBK kan masih untuk Asian Games," tandasnya.

Sekadar informasi, Stadion Papua Bangkit yang berkapasitas 45.000-48.000 penonton ini akan menjadi stadion termegah pertama di kawasan Indonesia Timur. Lokasinya bahkan akan dibangun sejumlah venue lain seperti Istora, arena aquatik dan juga lapangan pemanasan yang sudah lebih dulu selesai.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT 
 

2