Menpora Resmikan SKO Disabilitas Pertama di Indonesia

Jumat, 21 Desember 2018 00:28 WIB
Penulis: Ronald Seger Prabowo | Editor: Rafif Rahedian
© Ronald Seger/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi saat meresmikan sekolah disabilitas di Kota Solo. Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi saat meresmikan sekolah disabilitas di Kota Solo.

INDOSPORT.COM- Kota Solo kembali membuat gebrakan di dunia olahraga. Kota asal Presiden Joko Widodo itu kini memiliki Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Disabilitas.

Hebatnya, SKO bagi siswa bekebutuhan khusus tersebut satu-satunya yang ada di Indonesia saat ini. Sekolah yang berada di Jalan Tanjung No. 96 Karang Asem, Solo itu diresmikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, Kamis (20/12/18).

"SKO ini pertama kalinya di Indonesia. Para siswa nantinya tidak hanya mendapatkan ilmu pendidikan saja, namun juga mengikuti program latihan yang sudah disusun pelatih," kata Imam Nahrawi.

Menpora menjelaskan, pendirian sekolah khusus tersebut sebagai wadah bagi atlet penyandang disabilitas untuk mendapatkan fasilitas yang sama dengan atlet normal dalam hal pendidikan. Untuk itu, dirinya mendorong setiap provinsi untuk membangun SKO Disabilitas.

Untuk saat ini, SKO Disabilitas masih bersifatnya sementara. Artinya, hanya akan digunakan untuk tidur dan latihan saja. Sedangkan untuk menimba ilmu, mereka akan belajar di sejumlah sekolah yang ada di Kota Bengawan. SKO tersebut menampung sebanyak 22 siswa yang pendidikannya setara dengan tingkat SMP dan SMA.

Imam menambahkan, SKO Disabilitas nantinya akan dibangun dalam satu tempat dilengkapi dengan sarana latihan, asrama dan sekolah. Sedangkan untuk saat ini, sekolah para atlet terpencar di berbagai tempat.

Tempat tersebut adalah SMAN 8 Surakarta, SMKN 9 Surakarta, SMPN 23 Surakarta, SMPN 22 Surakarta, SMPN 20 Surakarta dan SMA/SMP Luar Biasa, serta YPAC Surakarta.

"Saat ini kami masih mencari lahan yang tepat. Disana nanti selain sebagai lokasi menimba ilmu, ada juga lokasi sarana latihan. Semua jadi satu kompleks," ungkap pria asal Bangkalan, Madura itu.

Terus Ikuti Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%