Komunitas Sehat

4 Tips Lawan Rasa Lelah Usai Olahraga Berat

Kamis, 3 Januari 2019 15:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Lafayette Family
Olahraga berat juga menyebabkan tubuh kelelahan Copyright: © Lafayette Family
Olahraga berat juga menyebabkan tubuh kelelahan

INDOSPORT.COM – Terlalu intens berolahraga juga menyebabkan kelelahan. Anda perlu melakukan beberapa persiapan untuk melawan kelelahan usai berlatih dengan keras.

Olahraga teratur sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain untuk kebugaran, olahraga juga meningkatkan asupan energi ketika jantung dan paru-paru di stimulasi.

Namun, jika olahraga yang dijalani terlalu berat, bukan tidak mungkin tubuh akan mengalami kelelahan. Apabila dipaksakan, maka akibatnya bisa sangat berbahaya.

Terforsirnya olahraga bisa mengakibatkan daya tahan tubuh tiba-tiba drop. Kondisi ini diawali dengan tubuh yang terasa panas karena kerja jantung sudah mencapai batas maksimal. Kemudian diikuti dengan kesulitan mengatur nafas akibat ritme olahraga yang terlalu cepat.

Jika tubuh sudah tidak bisa menahan kedua gejala tersebut, biasanya akan diikuti dengan mata berkunang-kunang dan rasa mual. Anda harus berhenti berolahraga jika tidak ingin berakhir pingsan dan parahnya menyebabkan nyawa melayang.

Nah, sebenarnya kelelahan bisa diatasi lebih awal sebelum beberapa gejala tersebut dirasakan oleh tubuh kita. Indosport.com memaparkan beberapa tips untuk melawan kelelehan ketika kita berolahraga berat:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%