Debat Pilpres Bahas Kesetaraan Disabilitas, Jokowi-Amin Singgung Asian Para Games 2018

Kamis, 17 Januari 2019 21:35 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Jawapos
Logo Asian Para Games 2018 Copyright: © Jawapos
Logo Asian Para Games 2018

INDOSPORT. COM - Acara Debat Pilpres telah dilangsungkan dan disiarkan oleh sejumlah stasiun televisi nasional pada hari Kamis (17/1/19) ini. Dalam acara itu, pasangan Jokowi-Amin sedikit menyinggung soal gelaran Asian Para Games 2018.

Ya, Debat Pilpres kini menjadi acara yang begitu disorot oleh masyarakat Indonesia. Maklum, acara ini akan jadi bahan pertimbangan penting bagi masyarakat sebelum menentukan pasangan capres-cawapres yang akan dipilih pada Pemilu 2019 nanti.

Pembahasan dalam acara Debat Pilpres ini lantas sempat mengarah kepada soal keseteraan kaum disabilitas. Pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Jokowi-Amin pun punya pendapatnya tersendiri mengenai pembahasan itu.

Jokowi memilih menanggapi pembahasan kesetaraan disabilitas dengan sedikit menyinggung gelaran Asian Para Games 2018 lalu.

Menurutnya, bukti kesataraan bagi kaum disabilitas telah dibuktikan dengan pemberian bonus yang setara kepada para atlet Asian Para Games 2018 dan Asian Games 2018.

"Kemudian juga terkait kesetaraan, saya beri contoh di Asian Para Games, kita berikan bonus yang sama dengan atlet yang berlaga di Asian Games," ujar Jokowi.

Ma'ruf Amin yang menjadi pasangan Jokowi, juga sedikit menambahkan. Menurut Amin, sangat penting bagi Indonesia untuk membentuk budaya penghormatan kepada kaum disabilitas di tengah masyarakat Indonesia.

"Yang penting lagi adalah membangun budaya masyarakat untuk memberikan penghormatan kepada kelompok disabilitas, menyamakan perlakukan baik disabilitas maupun non disabilitas," ujar Ma'ruf Amin.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%