Komunitas Sehat

3 Hal yang Perlu Dilakukan Usai Berolahraga di Malam Hari

Senin, 28 Januari 2019 01:58 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Juni Adi
© Muscle Transfrom
Ilustrasi berolahraga di treadmil. Copyright: © Muscle Transfrom
Ilustrasi berolahraga di treadmil.

INDOSPORT.COM - Menyempatkan waktu untuk berolahraga di tengah aktivitas yang padat, merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun, untuk menjaga badan agar tetap sehat dan prima, olahraga menjadi satu hal yang wajib dan rutin.

Tidak perlu khawatir, karena jika Anda tidak sempat melakukan olahraga di siang hari, Anda dapat memilih malam hari sebagai alternatif waktu untuk berolahraga, tepatnya sebelum tidur.

Berolahraga tentu membuat produksi keringat di tubuh menjadi berlebih. Jika tidak diselesaikan dengan baik, maka akan membuat tidurmu menjadi tidak nyaman dan tidak nyenyak.

Untuk itu, berikut INDOSPORT rangkum tiga hal yang perlu dilakukan setelah berolahraga sebelum tidur.

1. Mandi dengan Air Dingin

Usai melakukan gerakan olahraga, pastinya suhu dalam tubuh meningkat. Untuk mereda hal tersebut, kita perlu kembali menstabilkan suhu tubuh kembali menjadi normal agar tidur menjadi nyenyak. Cara pertama ialah mandi menggunakan air dingin untuk beberapa saat, jangan terlalu lama. Hal ini dilakukan setelah pendinginan dan ketika keringat sudah mulai kering.

2. Lakukan Pendinginan yang Santai

Jika sebelum olahraga wajib untuk melakukan pemanasan, maka sama hukumnya dengan pendinginan.  Setelah berolahraga, kita mewajibkan melakukan pendinginan agar otot-otot yang tegang bisa kembali lemas dan normal.

Manfaat utama dari pendinginan sendiri adalah mengurangi kelelahan otot paska bergerak atau berolahraga.

3. Lakukan Sedikit Meditasi Ringan

Rasa letih usai olahraga akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Oleh karena itu, meditasi akan membuat pikiran dapat lebih tenang dan tubuh juga menjadi lebih rileks.

Jangan menggunakan obat tidur untuk menyelesaikan kualitas tidur Anda, terlebih sehabis melakukan olahraga. Lakukan meditasi ringan untuk beberapa menit hingga pikiran kembali tenang dan detak jantung kembali normal.

Ikuti Terus Tips dan Trik Sehat di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%