Skater Jepang Ini Lolos Hukuman Meski Positif Doping

Kamis, 31 Januari 2019 15:31 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Atlet speedskating asal Jepang, Kei Saito, terbebas dari hukuman meski terindikasi positif mengonsumsi acetazolamide saat Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 bulan Februari lalu.

Dilansir JapanToday, pihak Persatuan Skating Internasional (ISU) dan Pengadilan Arbitrase Olahraga belum ini pada akhirnya menyetujui bahwa Saito hanya akan diberikan teguran atas insiden doping-nya tersebut.

Saat dinyatakan positif, Saito dengan lapang dada mengundurkan diri dari Olimpiade Pyeongchang 2018. Ia langsung angkat kaki dari Wisma Atlet dan diharuskan menunggu proses investigasi berlangsung.

Saito pun sudah mengajukan pembelaan dan menyebut insiden yang menimpanya tersebut merupakan sebuah ketidaksengajaan. Ia berjanji dan akan memastikan kejadian serupa tidak akan terulang lagi.

Ia beralasan bahwa tidak sengaja menelan acetazolamide dan jumlah yang masuk ke tubuhnya pun betul-betul sangat sedikit. Hanya saja, bahan tersebut kemudian bereaksi dengan makanan dan minuman yang dikonsumsinya sebelum melakukan tes doping.

“Saya menerimanya (teguran) dengan serius dan saya akan meningkatkan kesadaran diri saya sebagai seorang atlet,” kata Saito dalam sebuah pernyataan yang dirilis pihak skating Jepang.

“Saya akan berusaha tidak mengecewakan mereka yang telah percaya kepada saya. Saya pun berharap bisa segera berkompetisi kembali.”

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM