Keren! Medali Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat Dari Limbah Elektronik

Sabtu, 9 Februari 2019 12:56 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© AFP
Medali juara untuk Olimpiade 2020 terbuat dari limbah elektronik. Copyright: © AFP
Medali juara untuk Olimpiade 2020 terbuat dari limbah elektronik.

INDOSPORT.COM – Terdapat hal unik dalam Olimpiade Tokyo 2020, semua medali juara seperti emas, perak dan perunggu akan dibuat dari logam yang dikumpulkan dengan mendaur ulang limbah elektronik.

Pada 2017, panitia komite olimpiade Jepang meluncurkan proyek untuk mengumpulkan berbagai macam limbah elektronik, termasuk smartphone dan komputer tua yang didapat dari publik akan dimanfaatkan sebagai logam untuk medali juara.

Pada November 2018 lalu, pemerintah kota telah mengumpulkan 47.488 ton perangkat elektronik yang dibuang, dengan publik menyerahkan lima juta telepon bekas lainnya kepada penyedia jaringan lokal.

Meski desain untuk medali Tokyo 2020 akan diluncurkan akhir tahun ini, panitia telah menetapkan target 2.700 kg perunggu, 30,3 kg emas, dan 4.100 kg perak.

Mereka mencapai target untuk perunggu Juni lalu, dan pada Oktober memiliki lebih dari 90 persen emas dan 85 persen perak, seperti yang diwartakan oleh laman berita olahraga Malay Mail.

"Diperkirakan jumlah sisa logam yang dibutuhkan untuk memproduksi semua medali Olimpiade dan Paralimpiade dapat diekstraksi dari perangkat yang sudah disumbangkan," kata panitia.

Logam daur ulang telah digunakan pada tahun-tahun sebelumnya untuk membuat medali Olimpiade, termasuk di Rio di mana sekitar 30 persen medali perak dan perunggu berasal dari bahan daur ulang.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%