Komunitas Sehat

Hati-hati! 4 Tips Workout Ini Ternyata Cuma Mitos

Selasa, 19 Februari 2019 14:43 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© fitgirlcode
Ilustrasi workout di rumah. Copyright: © fitgirlcode
Ilustrasi workout di rumah.

INDOSPORT.COM - Melakukan olahraga workout tentu sangat penting dilakukan secara rutin. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa banyak sekali mitos fitness dan olahraga yang ternyata keliru.

Terkadang, Anda mungkin dibuat bingung soal saran mana yang harus diikuti dan mana yang sebaiknya diabaikan. Seringkali, saran yang Anda dengar dari satu orang bisa jadi  bertentangan dengan saran dari orang lainnya. 

Namun, kini para peneliti tampak berbeda pendapat mengenai subjek olahraga, mulai dari jumlah waktu untuk berolahraga hingga waktu yang tepat untuk berolahraga. Pastikan Anda tidak jatuh ke dalam perangkap yang salah, ya. 

Dilansir Business Insider, ada begitu banyak saran yang saling bertentangan tentang kesehatan dan kebugaran di luar sana. Oleh karena itu, berikut 4 tips workout yang ternyata hanyalah sebuah mitos. 

1. Olahraga tidak membantu melawan efek negatif dari penuaan.

Hal tersebut merupakan pernyataan yang tidak benar alias mitos. Kebenarannya yakni olahraga secara teratur akan memiliki manfaat utama bagi otak dan tubuh sehingga membantu menangkal beberapa efek negatif dari penuaan.

Para peneliti di sebuah penelitian Journal of American Heart Association menemukan bahwa orang tua yang menghabiskan lebih sedikit waktu duduk dan lebih banyak waktu bergerak memiliki lebih sedikit tanda-tanda penyakit jantung serta terhindar dari kerusakan dalam darah.

Di Inggris, para ilmuwan mencoba 1.600 sukarelawan yang berusia 60 hingga 64 tahun mengenakan sensor detak jantung selama lima hari. Kemudian mereka menganalisis tingkat aktivitas peserta dan membandingkannya dengan indikator penyakit jantung seperti prekursor kolesterol dan zat yang disebut interleukin-6. 

Secara keseluruhan terbukti peserta dengan lebih banyak aktivitas memiliki tingkat lebih rendah terkena efek negatif kesehatan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%