Indonesia Resmi Mengajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Selasa, 19 Februari 2019 10:49 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport.com
Indonesia resmi mengajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Copyright: © Indosport.com
Indonesia resmi mengajukan diri jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

INDOSPORT.COM - Indonesia secara resmi telah mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pengajuan ini ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss. 

Penyerahan surat mengenai pernyataan tentang keinginan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, dilakukan oleh Dubes RI di Bern Muliaman D Hadad pada 11 Februari 2019, menurut siaran pers KBRI di Bern yang diterima di Jakarta, pada Selasa (19/02/19).

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo secara lisan sudah menyampaikan hasrat Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade kepada Thomas Bach ketika berkunjung ke Indonesia pada 2018. Presiden juga memberitahukan surat yang menyatakan impian Indonesia tersebut secara tertulis.

Salinan surat pun  telah diterima oleh Thomas dan direspons dengan positif, terlebih pasca keberhasilan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Dikutip Antara, pada pertemuan dengan Dubes RI Bern Muliaman D Hadad, Christophe Dubi selaku Executive Director IOC memberikan respons yang positif terhadap permohonan Indonesia tersebut dan mengupayakan agar bisa bekerja sama lebih lanjut semasa proses pemilihan tuan rumah olimpiade berlangsung.

"IOC sudah mengakui kemampuan Indonesia ketika penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," papar Dubi pada pertemuan tersebut.

Dubes RI Bern menyampaikan jika aplikasi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 menjadi sebuah kesempatan baik untuk memperlihatkan kesanggupan ekonomi Indonesia, khususnya sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan anggota G-20. 

Selain itu, Muliaman juga mengatakan hal ini akan jadi momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar serta tentunya pengalaman Indonesia di tahun 2018 lalu, patut diacungi jempol dan menjadi bahan untuk dipertimbangkan.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan paling lambat pada 2024.

Olimpiade selanjutnya akan berlangsung di Tokyo, Jepang pada 2020. Kemudian Paris (Prancis) memenangkan bid tuan rumah Olimpiade 2024, diikuti oleh Los Angeles (Amerika Serikat) pada 2028 mendatang.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

2