Korea Bersatu Siap Jadi Tuan Rumah Bersama Olimpiade 2032

Minggu, 10 Februari 2019 11:05 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Lanjar Wiratri
© detik sports
Tim Korea Bersatu berhasil merebut medali di cabang olahraga dayung Copyright: © detik sports
Tim Korea Bersatu berhasil merebut medali di cabang olahraga dayung

INDOSPORT.COM – Bersatunya dua Korea dalam bidang olahraga nampaknya semakin gencar. Terbaru, Korea Selatan dan Korea Utara berencana menjadi tuan rumah bersama Olimpiade 2032.

Setelah sebelumnya bersatu dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 dan Asian Games 2018 lalu. Korea Bersatu mulai kembali terus menunjukkan kebersamaan dan perdamaiannya melalui olahraga.

Seperti dilansir dari kanal berita sport situs Yonhap News, Dalam Olimpiade 2032, Korea Selatan dikabarkan sudah menetapkan dua kota besar yang dijadikan opsi untuk menjadi tempat penyelenggaraan. Kedua kota tersebut adalah Seoul dan Busan.

Kedua kota tersebut memang sudah terbukti pengalamannya dalam menyelenggarakan ajang multi-olahraga internasional. Pada Olimpiade 1988 lalu, kota Seoul lah yang jadi kota tuan rumah, sementara Busam pernah berstatus sebagai tuan rumah Asian Games 2002.

Dalam prosesnya, seluruh anggota Komite Olahraga & Olimpiade Korea (KSOC) akan mengambil voting untuk menentukan satu dari dua kota tersebut untuk jadi tuan rumah. Pemungutan suara itu juga akan ditinjau langsung oleh Departemen Olahraga dan Departemen Keuangan Korea Selatan.

Tak hanya itu, Korea Selatan juga berencana mengajak Korea Utara untuk menjadi tuan rumah bersama. Pyongyang diperkirakan bakal menjadi kota yang terpillih untuk jadi tempat penyelenggaaraan sekaligus pembukaan dan penutupan secara bersama-sama di Olimpiade 2032.

Dua negara itu juga dijadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan Komite Olahraga Internasional (IOC) di Lausanne, Swiss, pada 15 Februari 2019 mendatang sekaligus menyerahkan surat pengajuan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 bersama-sama.

Sebagai informasi, selain dua Korea, sejauh ini terdapat 3 negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Ketiga negara tersebut adalah Jerman, Australia, dan Indonesia.

Terus Ikuti Update Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%